Kala Gordon Ramsay Icip Kue Bika, Disebut Mirip Macaroon

Posted on

Kala Gordon Ramsay Icip Kue Bika, Disebut Mirip Macaroon

https: img-o.okeinfo.net content 2020 06 28 298 2237792 kala-gordon-ramsay-icip-kue-bika-disebut-mirip-macaroon-RuDe0OrDGC.jpg Gordon Ramsay. (Foto: Shutterstock)

KULINER Indonesia seperti tak ada habisnya untuk dinikmati dan dikisahkan. Nah, kini kita berkunjung ke Sumatera Barat, yang kaya akan rempah.

Jika biasanya kuliner asal ranah Minang terkenal gurih dan kaya akan rempah, ternyata, ada pula makanan bercita rasa manis yang rasanya lezat bernama Kue Bika.

Bika jadi camilan khas di daerah Koto Baru, Sumatera Barat. Bika merupakan kependekan dari Biskuit Koto baru Asli. Ada salah satu bika yang terkenal di Bukittinggi, yaitu Bika Talago. Tempatnya berada sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bukittinggi.

Bika cocok diminum bersama teh atau kopi di siang hari saat santai. Bika terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, dan gula. Bahkan saat British Chef, Gordon Ramsay mampir ke wilayah Sumatra, ia sangat terpesona menghirup aroma khas kue bika. Ia bahkan menyebutnya seperti macaroonnya Indonesia.

“Ini hampir seperti macaroonnya Indonesia,” ungkap Gordon mengutip National Geographic.

Bika Tagalo diolah dengan cara dibakar atau dipanggang di atas tungku api dan beralaskan daun pisang. Beberapa orang juga menggunakan daun waru atau daun jati. Bagian atas tungku kemudian ditutup dan dibakar lagi dengan kayu api.

Setelah matang, tungku diangkat menggunakan kedua tongkat. Proses mengangkat ini harus dilakukan dengan hati-hati ya Okezoners, agar tungku yang panas tersebut tidak jatuh ke lantai.

Penjual kue Bika Talago mengatakan, ia bisa memproduksi hingga 2.000 buah dalam sehari. Dalam kesempatan tersebut, juri Masterchef ini pun sempat mencoba untuk membuat bika sendiri, sayangnya upayanya tersebut gagal.

1
2
  • #Masakan Indonesia
  • #Kuliner Indonesia
  • #Kue Bika
  • #Gordon Ramsay

Loading…

Telah dipublish di lOkezone