Roti Randang, Oleh-Oleh Kekinian dari Padang

Posted on

Roti Randang, Oleh-Oleh Kekinian dari Padang

https: img-k.okeinfo.net content 2020 06 26 298 2236830 roti-randang-oleh-oleh-kekinian-dari-padang-8VsKoT6L9h.jpg Roti Randang khas Padang. (Foto: Twitter/Roti Randang Ninur)

PENCINTA kuliner tentu sudah tidak asing lagi dengan rendang atau randang. Kuliner khas Tanah Minang ini memang sangat populer bahkan sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Secara umum, randang merupakan proses mengolah daging dengan campuran bumbu rempah dan santan selama berjam-jam. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak warga Minang yang mengkreasikan kuliner ini menjadi olahan makanan kekinian atau modern.

Salah satunya kreasi roti randang. Belakangan, roti randang menjadi favorit wisatawan untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh dari Kota Padang, Sumatera Barat. Ingin tahu proses pengolahannya?

Mengutip laporan tim iNews, Jumat (26/6/2020), roti randang terbuat dari campuran bahan pembuat roti seperti tepung terigu, gula pasir, telur, mentega, es batu, dan tentunya rendang daging.

roti randang

Proses pembuatannya tergolong mudah. Awalnya, semua bahan-bahan roti dicampur untuk dijadikan adonan dalam satu wadah. Kemudian adonan ditipiskan dan diolesi saus tomat sampai rata.

Setelah itu, adonan tersebut ditaburi dengan rendang daging yang sebelumnya telah disiapkan. Langkah selanjutnya adalah membentuk adonan yang berisikan rendang tadi dengan cara digulung.

Jangan lupa dipotong-potong sesuai ukuran cetakan roti. Terakhir, adonan bisa langsung dipanggang di dalam oven.

Lama pemanggangan kurang lebih tiga jam. Setelah warna roti tampak cokelat keemasan, itu tandanya roti randang sudah siap untuk disajikan.

Seperti apa rasanya? Roti rendang menyuguhkan sensasi rasa pedas yang dipadukan dengan manisnya roti. Aromanya pun sangat khas, dan akan membuat lidah tidak berhenti bergoyang.

Keunggulan lain dari roti rendang adalah masa kedaluwarsanya. Roti rendang mamou bertahan hingga lima hari tanpa disimpan di dalam kulkas. Itulah sebabnya kudapan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan dari Minang.

Nah, bila Anda tertarik membelinya, roti rendang dibanderol seharga Rp60 ribu per kotak atau berisikan 6 buah roti. Salah satu rekomendasi toko roti rendang terletak di Jalan Proklamasi, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Jangan lupa mampir ya, Okezoners! Dimas Andhika Fikri.

1
2
  • #Wisata Kuliner Padang
  • #Oleh-Oleh Padang
  • #Oleh-Oleh Rendang
  • #Roti rendang
  • #Roti Randang

Loading…

Telah dipublish di lOkezone