Dua Mobil Mungil Mitsubishi Raih 5 Bintang Saat Uji Tabrak, Kok Bisa?

Posted on

Dua Mobil Mungil Mitsubishi Raih 5 Bintang Saat Uji Tabrak, Kok Bisa?

Mitusbishi eK X

Photo :

  • dok. Mitsubishi

VIVA – Berbeda dengan negara lainnya, masyarakat di Jepang lebih menyukai mobil bertubuh mungil untuk menemani aktivitasnya. Tak heran jika produsen otomotif di sana, menyiapkan berbagai produk kendaraan yang akrab disapa K-car atau kei car.

Meski memiliki tubuh mungil, kei car ternyata tak mengabaikan perlindungan maksimal bagi pengemudi dan penumpangnya. Hal ini dibuktikan oleh Mitsubishi pada dua produknya, yakni eK X (dibaca eK Cross) dan eK Wagon.

“Mitsubisi Motors Corporation hari ini mengumumkan bahwa eK X dan eK Wagon telah mendapatkan skor tertinggi dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP),” demikian tertulis dalam keterangan resmi, dikutip VIVA, Rabu 27 mei 2020.

Kedua mobil ini memiliki tampilan eksterior berbeda, meski demikian, eK X dan eK Wagon memiliki performa maksimal untuk melindungi orang di kabin, maupun di luar kabin lantaran sudah mengadopsi sistem keselamatan Mitsubisi Motors RISE.

Rahasianya, desain bodi depan yang mampu menyerap energi tabrakan, dikombinasikan dengan kompartemen penumpang yang tahan deformasi. Tak cukup sampai di situ, ada enam SRS Airbag yang meningkatkan perlindungan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Baca juga: Gara-gara Berisik, Knalpot Mobil Pria Ini Disumpal Busa Kering

Selain itu, ada beberapa teknologi driver assistance yang menjadi langkah preventif untuk mendukung pengemudi dalam menghindari, atau setidaknya mengurangi kerusakan parah saat mobil mengalami tabrakan.

Fitur-fitur itu antara lain, Lane Departure Warning (LDW) yang menginformasikan kepada pengemudi ketika kendaraan akan keluar dari jalurnya. Kemudian, Lane Departure Prevention (LDP) untuk membantu pengemudi memindahkan mobil ke jalurnya.

Mitusbishi eK Wagon

Ada juga Emergency Assist for Pedal Misapplication yang dipasang di kedua mobil, untuk mencegah akselerasi mendadak akibat pengoperasian tuas atau pedal yang tidak disengaja. Serta Multi Around Monitor yang membantu memantau lingkungan sekitar kendaraan saat parkir.

Total skor yang diraih setelah pengujian dua kendaraan ini mencapai 86, dari nilai sempurna 100. Untuk perlindungan penumpang di kabin, mobil mungil itu meraih skor 53,07 dari nilai maksimum 59.

Sementara untuk kemampuan melindungi pejalan kaki, nilainya 30,5 dari poin sempurna 37, dan poin untuk sabuk pengamannya 3,0 dari nilai sempurna 4,0.

Sumber Viva