Selain Ketupat, Uli Cocok Jadi Menu Spesial Lebaran Loh

Posted on

Selain Ketupat, Uli Cocok Jadi Menu Spesial Lebaran Loh

https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 23 298 2218302 selain-ketupat-uli-cocok-jadi-menu-spesial-lebaran-loh-WmKAr1UFPg.jpg Uli ketan putih. (Foto: YouTube/CR Cook)

SAAT Idul Fitri tiba, setiap daerah bahkan masing-masing rumah, biasanya memiliki makanan khas sebagai menu santapan lezat di hari Lebaran. Jika Okezoners bosan dengan ketupat, Anda bisa menggantinya dengan uli.

Uli atau ulen, orang Sunda menyebutnya, sedangkan di wilayah Jawa dinamakan jadah. Kudapan ini cocok sebagai gantinya ketupat yang disantap dengan opor. Tak ada salahnya Anda mencobanya.

Kalau di Tanah Sunda, kudapan ini juga biasa ada saat Idul Fitri dan hajatan. Biasanya disantap dengan sambal goreng kentang atau sambal oncom.

Nah, dikutip dari channel Youtube CR COOK, berikut ini bahan dan cara membuat ulen yang lezat dan nikmat. Yuk simak.

Bahan:

1 kg ketan putih yang sudah direndam selama 5 jam, tiriskan.

300 gram kelapa parut atau 1 kelapa ukuran sedang.

300 mililiter air panas.

1 sdm garam atau secukupnya.

Minyak goreng

Cara membuat:

1. Kukus beras ketan, tambahkan kelapa parut, kukus selama sekitar 30 menit. Setelah itu di angkat, pindahkan ke wadah lebih besar atau baskom, aduk-aduk sampai buyar, lalu beri garam 1 sendok makan, tambahkan air panas secara bertahap, aduk-aduk hingga semua tercampur;

2. Kemudian diamkan selama 15 menit agar airnya meresap ke dalam ketannya. Lalu kukus kembali kurang lebih 40 menit. Setelah itu, pindahkan lagi ke baskom yang sudah diolesi minyak tipis-tipis supaya tidak lengket;

3. Ketika ketan masih dalam keadaan panas, tumbuk-tumbuk sampai halus, bisa pakai ulegan atau alat lainnya karena kalau dingin akan susah lembut. Saat sudah lembut atau halus, pindahkan ke tempat lainnya, misalnya nampan berbentuk kotak yang juga sudah diolesi minyak agar tidak lengket. Lalu ratakan;

4. Setelah itu diamkan hingga dingin, atau masukan ke dalam kulkas beberapa jam sebelum digoreng. Setelah dingin potong-potong ukurannya sesuai dengan selera. Lalu panaskan minyak goreng, setelah panas masukan ulen hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.

1
2

  • #Lebaran di Rumah Aja
  • #Lebaran 2020
  • #menu spesial lebaran
  • #cara membuat uli
  • #resep uli

Telah dipublish di lOkezone