Penjualan Turun, Fuso masih Jadi Penguasa Pasar Truk

Posted on

Penjualan Turun, Fuso masih Jadi Penguasa Pasar Truk

Truk Mitsubishi Fuso

Photo :

  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Semua sektor otomotif mengalami penurunan penjualan, saat virus COVID-19 melanda Indonesia. Banyak pabrik yang terpaksa berhenti beroperasi sementara.

Selain untuk mencegah penyebaran virus, penghentian operasional pabrik itu juga dilakukan karena daya beli pasar berkurang. Hal ini juga dialami, oleh para produsen kendaraan komersial, termasuk Fuso.

Baca juga: Motor Baru Honda Cakep Juga, Harganya Rp19 Jutaan

Banyak wilayah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar, sehingga aktivitas pembangunan terpaksa berhenti sementara. Alhasil, jumlah kendaraan yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dari kondisi normal.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Naoya ‘Rocky’ Takai mengatakan, meski dilanda COVID-19, namun truk Mitsubishi Fuso masih bisa laku ribuan unit pada periode Januari hingga April 2020.

Mitsubishi Fuso Fighter (kanan)

Retail sales Mitsubishi Fuso periode Januari hingga April 2020 sebanyak 9,628 unit, turun 28,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu 20 Mei 2020.

Meski demikian, pria yang baru saja menjabat sebagai Presdir KTB itu tetap optimistis. Sebab, meski distribusi dari diler ke konsumen tidak sebanyak biasanya, tapi Mitsubishi Fuso tetap memimpin pasar.

“Kami tetap mendominasi, dengan pangsa pasar 47,8 persen. Tugas pertama saya sebagai presiden direktur, adalah memimpin perusahaan di tengah situasi krisis seperti sekarang,” tuturnya.

Salah satu kunci sukses mereka, yakni adanya paket servis dengan harga spesial bagi para konsumen setia. Program layanan purna jual ini, dihadirkan untuk terus memberikan keuntungan dan kemudahan bagi konsumen yang tetap menjalankan bisnisnya di tengah situasi pandemi COVID-19.

“Seluruh item penggantian oli akan kami gratiskan, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Atau, konsumen juga bisa memilih paket diskon yang kami tawarkan,” ungkap Head of Public Relations and Customer Service Relations KTB, Dony Hermawan.

Sumber Viva