Satu platform beda komponen, bisakah Suzuki Ertiga diubah jadi XL7?

Posted on

Satu platform beda komponen, bisakah Suzuki Ertiga diubah jadi XL7?
Satu platform beda komponen, bisakah Suzuki Ertiga diubah jadi XL7?

Umum
Suzuki XL 7 varian tertinggi Alpha (Antara News/Chairul Rohman)
Jakarta (ANTARA) – Pemilik Suzuki Ertiga tidak bisa mengubah mobilnya menjadi XL7, yang diluncurkan pada Sabtu, karena banyaknya komponen yang berbeda kendati keduanya menggunakan platform sejenis.

"Kalau kita lihat sebetulnya ini adalah model baru. Kenapa? Karena hampir 300 part itu berbeda dengan Ertiga," ungkap Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta Timur, Sabtu.

Dony mengatakan jika pengguna memaksa untuk melakukan modifikasi dengan memakai produk aftermarket, maka pemilik mobil akan bersinggungan dengan garansi.

"Kalau mereka mau ya sah-sah saja. Tapi pada poinnya, kan setiap modifikasi ada risikonya, kalau nanti berkaitan dengan kelistrikan dan bagian-bagian yang menyangkut garansi kan jadi sayang mobilnya," kata dia.

Baca juga: Persaingan ketat, Suzuki rajin segarkan Ertiga

Baca juga: Suzuki belum produksi Ignis di Cikarang

Jika dilihat, XL7 memiliki basis mesin yang dengan Suzuki Ertiga, yakni menggunakan mesin bertipe K15B. Mesin itu juga dipakai pada Carry dan Jimny.

Output yang dihasilkan juga punya kemiripan yang tidak begitu jauh dengan Ertiga. Namun, perbedaan ada pada sisi driving feel alias rasa berkendara .

"Jadi gini, dari segi Body Control Modul (BCM) sama Electronic Control Unit (ECU) itu udah sangat berbeda, sektor kaki-kaki juga berbeda, di ruang bakar juga ada perbedaan, karena kan SUV memiliki karakter yang berbeda dengan LMPV," jelas dia.

Baca juga: Suzuki XL7 akan diekspor ke 30 negara

Baca juga: Suzuki XL7 resmi masuk Indonesia, harga mulai Rp230 juta

Baca juga: Inden Suzuki Jimny tembus 10 tahun

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020

  • Tags
  • suzuki ertiga
  • suzuki xl 7

Sumber ArtikelAntaranews