238 WNI Aman dari COVID-19, WHO Kembali Beri Wejangan

Posted on

238 WNI Aman dari COVID-19, WHO Kembali Beri Wejangan

https: img.okeinfo.net content 2020 02 15 481 2168988 238-wni-aman-dari-covid-19-who-kembali-beri-wejangan-xstmixgBXi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBANYAK 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat menjalani masa karantina di Wuhan, China, akhirnya dipulangkan. Mereka dipulangkan setelah dinyatakan bebas dari virus Korona Wuhan atau yang disebut dengan Covid-19.

Para WNI tersebut, diperbolehkan pulang setelah masa karantina 14 hari, seperti yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO). Pasalnya, selama 14 hari karantina memang tidak menunjukkan adanya gejala penyakit.

Perwakilan World Health Organizastion (WHO) di Indonesia N Paranietharan menjelaskan, 14 hari ini dilalui tanpa adanya gejala Covid-19. Karenanya, hari ini mereka pun boleh kembali pulang ke kampung halamannya.

Karenanya, hari ini mereka pun boleh kembali pulang ke kampung halamannya.

Meski demikian, Paranietharan memberikan pesan pada masyarakat agar selalu waspada dengan adanya penyakit tersebut. Pencegahan, adalah satu-satu cara yang bisa dilakukan, mengingat Covid-19 belum memiliki obat penawar.

“Mereka sudah boleh untuk bergabung ke masyarakat. Tapi masyarakat (Indonesia) tetap harus waspada, cuci lah tangan setiap hari,” tutur dia.

Oleh karena itu, dia pun mengapresiasi langkah cerdas dari Kemenkes dan BNPN dalam upaya pencegahan serta karantina orang-orang dari Wuhan ini. Menurut dia, pemerintah Indonesia tetap harus mengirimkan sample jika memang ada yang terindikasi mengalami gejala Covid-19. “Mereka bisa update berapa sample setiap hari,” tambahnya.

Berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor SR.02.02/Menkes/89/2020 dinyatakan bahwa masa observasi akan berakhir pada Sabtu 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB, dengan ketentuan tidak ada satu pun di antara warga yang diobservasi dan tim pendukung mempunyai gejala dan tanda berkaitan dengan coronavirus disease (Covid-19).

Selain pemerintah, Komisi IX DPR juga akan ikut menjemput kedatangan 238 WNI itu di Bandara Halim Perdanakusuma.

DPR pun menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan dan jajaran BNPB, TNI, Polri, serta Pemerintah Kabupaten Natuna dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh komponen lainnya yang sudah membantu tahapan-tahapan ini.

Pemerintah Provinsi pun diminta mengimbau kepada seluruh masyarakat di sana agar bisa menerima dengan baik kepemulangan para saudara mereka itu.

1
2
  • #Covid-19
  • #Virus Korona Wuhan
  • #Virus Corona Wuhan
  • #Virus Corona
  • #Virus Korona
  • #Pemulangan WNI dari Natuna

Telah dipublish di lOkezone