Karantina WNI dari Wuhan Bisa Diperpanjang, Asal..

Posted on

Karantina WNI dari Wuhan Bisa Diperpanjang, Asal..

https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 481 2168096 karantina-wni-dari-wuhan-bisa-diperpanjang-asal-ZGe5X4KYXu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASA Karantia Warga Negara Indonesia (WNI) yang dipulangkan dari Wuhan akan segera berakhir. Mereka pun dinyatakan bebas dari virus Korona atau yang dikenal dengan nama COVID-19.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, rencana pelepasan WNI yang telah melewati masa observasi di Natuna sudah dimatangkan. Menurutnya, masa karantina ini sesuai dengan masa inkubasi viurs Korona yang ditetapkan oleh WHO.

“Tadi sudah ditanyakan kepada perwakilan kita, bahwa WHO masih menentukan waktu masa inkubasinya selama 14 hari,” ungkap Doni saat jumpa pers di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, seperti dilansir dari keterangan tertulisnya.

Evakuasi

Sementara, menyinggung maraknya pemberitaan mengenai masa waktu efektif observasi yang dikabarkan tidak cukup 14 hari melainkan 24 hari, Doni menyatakan akan terus berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan. Demikian juga Kemenkes berkoordinasi dengan WHO.

“Namun tidak menutup kemungkinan, apabila nanti ada perkembangan dan dinamika, tentunya kami BNPB bersama lembaga lainnya termasuk TNI dan Kemenkes di bawah arahan Pak Menko PMK menyesuaikan,” tambah dia.

Sebelumnya, Panglima TNI menjelaskan telah menyiapkan pesawat yang sudah dialokasikan berjumlah 4 unit pesawat dengan jadwal penerbangan antara pukul 13.00-14.00 WIB. Selain itu, BNPB pun sudah menyiapkan tiket pesawat komersil bagi WNI yang akan kembali ke kampung halaman.

Masing-masing perwakilan dari tiap daerah telah dikoordinasikan untuk mendampingi proses penjemputan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Kalau toh mereka akan pulang pada hari berikutnya yaitu hari Minggu, pemerintah juga sepakat memberikan bantuan biaya penginapan dan transportasi sehingga diharapkan saudara-saudara kita yang dari Wuhan ini tidak mengalami kesulitan untuk menuju ke kampung halamannya,” pungkas Doni.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berpesan agar media massa dapat turut memberikan dukungan dengan menyebarluaskan informasi yang mengedukasi bagi masyarakat, khususnya terkait pemulangan WNI pasca observasi dari Natuna ke lingkungan keluarga dan daerah masing-masing.

“Jangan sampai terjadi suasana panik atau suasana salah paham yang bisa tidak mendukung upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan, rasa aman, rasa baik untuk warga negaranya,” tandas Menko PMK.

1
2
  • #Covid-19
  • #Virus Corona Wuhan
  • #Virus Korona Wuhan
  • #Virus Corona
  • #Virus Korona

Telah dipublish di lOkezone