Baru Keguguran Irish Bella Hamil Lagi, Apa Kata Dokter Kandungan?

Posted on

Baru Keguguran Irish Bella Hamil Lagi, Apa Kata Dokter Kandungan?

https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 13 481 2168106 baru-keguguran-irish-bella-hamil-lagi-apa-kata-dokter-kandungan-RVJ3w4g4Gj.jpg Irish Bella dan Ammar Zoni (Foto : @_irishbella_/Instagram)

Irish Bella belum lama ini mengumumkan kehamilannya melalui channel Youtube yang diberi judul ‘#whisperchallenge Irish Hamil Lagi?’. Kabar ini tentu menjadi obat pelipur lara pasangan muda tersebut.

Irish Bella sebelumnya sempat mengalami kejadian yang menyedihkan. Bayi kembarnya dinyatakan meninggal dunia pada usia janin 26 minggu akibat masalah twin to twin transfusion syndrome (TTTS).

Kejadian itu tentu membuat Irish Bella dan suami, Ammar Zoni, sedih bukan main. Namun, keluarga dan sahabat-sahabatnya lah yang menguatkan dia. Sampai akhirnya kabar bahagia bahwa dia hamil lagi terdengar publik.

Irish Bella

Namun, beberapa orang mempertanyakan jarak kandungan Irish Bella yang terbilang singkat. Ya, selebriti berusia 23 tahun itu mesti kehilangan anak kembarnya pada Oktober 2019 dan dinyatakan hamil kembali pada Februari 2020. Itu berarti, hanya 4 bulan waktu ‘recovery’ yang dijalani Irish.

Lantas, bagaimana dari pandangan dokter kandungan terkait kehamilan pasca kematian bayi kembar sebelumnya?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endoktrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah – Pondok Indah, Dr. dr. Kanadi Sumapraja, SpOG-KFER, MSc, menjelaskan bahwa tidak ada batasan waktu setelah keguguran atau kematian janin dengan kehamilan berikutnya.

“Rahim diistirahatkan itu nggak ada aturannya. Tapi, biasanya jika si ibu mengalami keguguran atau kondisi kematian janin, dokter kandungan akan meminta waktu untuk melakukan prosedur diagnosis agar dapat mengetahui alasan pasti kenapa kejadian itu bisa terjadi,” terang dr Kanadi saat ditemui Okezone di bilangan Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

Dokter Kanadi melanjutkan, kalau proses diagnostiknya belum selesai, dokter akan meminta pada pasangan untuk menunda kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi. “Inget ya, kami minta menunda bukan mencegah kehamilan sampai prosedur diagnostiknya selesai,” sambungnya.

Jadi, dr Kanadi menegaskan sekali lagi bahwa tidak ada batasan waktu untuk si ibu bisa hamil lagi jika sebelumnya ia keguguran atau mengalami kematian janin. Namun, menjadi perhatian penting adalah dokter sudah selesai melakukan prosedur diagnostik.

Nah, dokter Kanadi coba meluruskan apa yang dia anggap keliru. Apa yang dialamu Irish Bella baginya bukanlah keguguran, melainkan kematian janin. Ini berdasarkan pada definisi dari keguguran itu sendiri di mata dunia medis.

“Definisi keguguran adalah kehamilan yang berakhir di bawah 20 minggu atau berat janin di bawah 500 gram. Di luar dari kondisi tersebut, nggak bisa dikatakan keguguran tapi kematian janin. Jadi, jangan bilang keguguran kalau memang usia kandungan sudah di atas 20 minggu,” tegasnya.

(hel)

  • #Artis Hamil
  • #kehamilan
  • #Irish Bella Hamil
  • #Ammar Zoni
  • #Irish Bella

Telah dipublish di lOkezone