Merawat Diri Bersama Pasangan, Cara Ampuh Pererat Hubungan

Posted on

Merawat Diri Bersama Pasangan, Cara Ampuh Pererat Hubungan
Ilustrasi pasangan

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan merawat diri sendiri atau self care bisa mempererat hubungan Anda bila dilakukan bersama pasangan. Self care dalam bentuk apapun bisa memberikan dampak positif.

“Merawat diri itu penting bagi kesehatan hubungan Anda. Dalam aktivitas tersebut, Anda dan pasangan bisa menjadi diri sendiri,” kata psikolog klinis berlisensi di Terapi Kelompok NYC, Amerika Serikat, Jaclyn Lopez Witmer.

Baca Juga

  • 9 Tips Mengakhiri Hubungan Tanpa Menyakitinya Terlalu Dalam (2)

Menurut terapis asal Amerika Serikat, Lily Ewing, self care adalah tindakan memenuhi kebutuhan fisik, mental dan emosional sehari-hari. Bisa berupa aktivitas yang sederhana seperti hobi, berolahraga, menulis jurnal.

Self care yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu diketahui juga bahwa  kebiasaan merawat diri semua orang tidak sama.

Umumnya, aktivitas itu dilakukan sendiri karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Namun, saat Anda mengajak pasangan untuk melakukannya bersama, ada berbagai manfaat positif yang bisa muncul.

“Melibatkan pasangan dalam rutinitas pribadi bisa menjadi cara yang baik untuk mempererat hubungan Anda,” kata Ewing.

2 dari 2 halaman

Contoh Merawat Diri Bersama

Terapis itu menyarankan untuk melakukan berbagai aktivitas yang tidak kompetitif, seperti bersepeda, berjalan kaki selama 20 menit, menceritakan pengalaman di hari itu, bahkan termasuk mencuci baju bersama.

“Dengan merawat diri bersama, aktivitas tersebut bisa menjadi waktu yang berkualitas dan menimbulkan interaksi emosional. Hal itu juga bisa membuat Anda dan pasangan menjadi lebih bahagia dan sehat,” kata Ewing.

Hal yang paling penting adalah menghabiskan waktu untuk berfokus menjalani hidup sebagai pasangan. Tidak hanya itu, gunakanlah waktu tersebut untuk mencari tahu apa yang ingin dilakukan, demi kebaikan diri sendiri dan hubungan Anda.

Penulis: Selma Vandika

Sumber Artikel Liputan 6