All New Toyota Corolla Altis Punya Fitur Anticelaka Akibat Mengantuk

Posted on

All New Toyota Corolla Altis Punya Fitur Anticelaka Akibat Mengantuk

All New Toyota Corolla Altis

Photo :

  • Dok: TAM

VIVA – Faktor manusia menjadi salah satu penyumbang terbesar kecelakaan di jalan raya. Penyebabnya, mereka meremehkan waktu istirahat atau tidur. Alhasil, ketika berkendara jarak jauh, mudah kehilangan konsentrasi.

Dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, Daniel Bramantyo menyebut, berkendara jarak jauh membutuhkan kondisi tubuh yang fit, agar tidak mudah lelah dan hilang konsentrasi.

“Beristirahat cukup, dengan pola tidur 6-8 jam, agar badan kita tetap prima. Faktor kesiapan fisik, merupakan salah satu penyumbang penyebab kecelakaan,” ujarnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, efek buruk ketika kurang tidur dan tetap dipaksakan berkendara, adalah mengantuk secara tiba-tiba. Hal itu biasa disebut dengan istilah microsleep.

Microsleep atau tidur mikro merupakan suatu kondisi, di mana tubuh mengalami fase tidur dalam jangka pendek, beberapa detik. Microsleep menjadi salah satu penyebab seringnya kecelakaan,” tuturnya.

Lihat Juga
  • Test drive Toyota C-HR Hybrid di Taman Nasional Baluran Jawa Timur

    Jelajahi Indonesia, Diam-diam Toyota Sedang Siapkan Mobil Terbaik

  • All New Toyota Corolla Altis

    All New Toyota Corolla Altis Dibekali Fitur Aktif Pencegah Tabrakan

  • All New Toyota Corolla Altis

    2 Fitur di All New Toyota Corolla Altis Ini Bikin Kamu Aman dan Nyaman

  • All New Toyota Corolla Altis

    Ini Faktor yang Bikin Penumpang Nyaman di All New Toyota Corolla Altis

  • All New Toyota Corolla Altis Hybrid

    All New Toyota Corolla Altis Sarat Fitur Canggih, Apa Saja?

  • All New Toyota Corolla Altis

    Mengulik Kemampuan All New Toyota Corolla Altis Hybrid

Untuk mencegah hal itu, Toyota menyematkan fitur canggih pada All New Corolla Altis. Dikembangkan dalam platform Toyota New Global Architecture atau TNGA, Corolla generasi ke-12 ini hadir semakin fun to drive, serta fitur safety terbaru melalui Toyota Safety Sense.

All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia, dengan fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari TSS. Salah satunya, Pre-Collision System (PCS).

Mengandalkan kamera dan radar, sistem akan mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan. Jika terlalu dekat, maka sistem akan memberi peringatan pada pengemudi. Sistem juga bakal aktif mengaktifkan rem, apabila pengemudi tidak merespons peringatan yang diberikan.

Tak hanya itu, ada juga fitur Lane Departure Alert atau LDA. Sensor yang ada di kaca juga memantau arah mobil, jika melenceng dari jalur yang dipilih maka sistem akan mengaktifkan peringatan pada pengemudi.

Sumber Viva