Pabrik Waymo mulai beroperasi, Fiat jadi pemasok komponen

Posted on

Pabrik Waymo mulai beroperasi, Fiat jadi pemasok komponen
Pabrik Waymo mulai beroperasi, Fiat jadi pemasok komponen

Umum
Ilustrasi mobil Waymo Pasifica. (Shutterstock)
Jakarta (ANTARA) – Pabrik mobil otonom (swakemudi) Waymo di Detroit, Amerika Serikat, mulai berproduksi pada akhir pekan kedua November 2019 dengan menggandeng Fiat Chrysler Automobiles (FCA) sebagai salah satu pemasok perangkat keras, demikian laporan media dilansir Electrek, Sabtu (9/11).

"Kami baru saja membuka pabrik khusus otonom yang pertama di dunia. Kami menyebut itu adalah pabrik," kata CEO Waymo John Krafcik.

Kerja sama antara pembuat mobil otonom dengan pabrikan kendaraan konvensional seperti Fiat Chrysler mematahkan anggapan beberapa kalangan yang menilai pabrikan mobil biasa akan terganggu dengan perubahan industri ke era digital.

Baca juga: Bandara Perancis akan gunakan mobil otonom dari Renault dan Waymo

Pabrik Waymo di Detroit merupakan bekas pabrik American Axle & Manufacturing Holdings yang memproduksi komponen mobil.

Waymo, pada masa uji coba, menggunakan mobil keluarga plug-in hybrid Chrysler Pacifica dan mobil listrik Jaguar i-Pace yang sarat teknologi swakemudi. Perusahaan itu memesan 20.000 unit Jaguar i-Pace dan 62.000 unit Pacifica hybrid.

Dalam sebuah laporan, kerja sama General Motors dengan Cruise dan Ford dengan Argo merupakan bentuk pergeseran bisnis kendaraan ke era digital.

Kerja sama itu berupa pabrikan konvensional memasok komponen keras sedangkan perusahaan digital menyediakan platform swakemudi.

Baca juga: Waymo bawa kendaraan otonom ke LA untuk uji coba

Pewarta: A069
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019

  • Tags
  • waymo
  • fiat

Sumber ArtikelAntaranews