Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhaler

Posted on

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhaler

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhaler nypost.com

Penyakit asma pada dasarnya membutuhkan perawatan konstan yang tepat setiap saat. Salah satu hal yang biasanya sering kali dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini saat penderita mulai kambuh adalah dengan inhaler. Namun, bagaimana jika di momen tertentu kita kehilangan inhaler tersebut?

Nah, dilansir healthxchange.sg beberapa hal berikut ini dapat kamu lakukan untuk bertahan dari serangan asma saat kambuh tanpa inhaler. Simak informasi selengkapnya!

1. Menghindari udara dingin

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhalerburnabynow.com

Waspadalah terhadap perubahan cuaca di tempat kamu berada terlebih jika kamu sedang berpergian. Sebab, cuaca yang dingin atau terlalu panas dan kering dapat memicu peradangan yang justru dapat memperparah asma. 

2. Duduk tegak

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhaleroptimistdaily.com

Saat asma mulai kambuh, hentikan apa pun yang sedang kamu lakukan dan segera mengambil posisi duduk tegak. Sebab, membungkuk atau berbaring saat asma kambuh dapat membuat napas menjadi lebih sesak.

3. Ambil napas panjang dan dalam

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhalerklikpdpi.com

Cobalah mengambil napas panjang dan dalam saat posisi kamu sudah duduk tegak. Pasalnya, hal ini dapat membantu memperlambat pernapasan dan mencegah hiperventilasi. Tarik napas melalui hidung dan bernapaslah melalui mulut.

Baca Juga: 7 Penyebab Mengejutkan Sesak Napas, padahal Kamu Gak Ada Riwayat Asma

4. Tetap tenang

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 8 Alasan Medis Kamu Merasa Lapar Melulu sampai Diet Terasa Mustahil
  • Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes
  • Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kanker
Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhalernewharbinger.com

Jangan panik saat kamu mulai merasakan asma yang kamu derita mulai kambuh. Hadapi semuanya dengan tenang, karena tetap tenang dalam kondisi tersebut dapat mencegah pencegatan lebih lanjut dari otot dada sehingga membuat pernapasan jadi lebih mudah.

5. Pergi dari pemicunya

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhalerself.com

Serangan asma yang muncul secara tiba-tiba bisa saja dipicu oleh debu, asap rokok, atau bau bahan kimia. Ketika hal tersebut terjadi, pergi dari hal yang memicunya sesegera mungkin dan berpindah ke tempat lain dengan lingkungan dan udara yang lebih baik merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan.

6. Minum minuman berkafein yang panas

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhalernuhotelbrooklyn.com

Minuman berkafein yang masih dalam kondisi panas seperti kopi nyatanya dapat membantu membuka sedikit saluran udara ketika asma mulai kambuh. Tidak hanya itu, meminum minuman berkafein panas ini juga akan memberikan sedikit kelegaan selama satu atau dua jam.

7. Mencari bantuan medis darurat

Ini 7 Cara Atasi Asma yang Kambuh Tiba-tiba Tanpa Gunakan Inhalerabout-france.com

Jika asma yang kambuh sudah sangat parah dan tidak bisa kamu kontrol dengan beberapa cara di atas, sebaiknya segeralah cari bantuan medis darurat. Biasanya, hal tersebut terjadi setelah periode istirahat dengan tanda batuk dan kesulitan bernapas yang tidak hilang-hilang.

Beberapa cara di atas bisa saja ampuh atasi asma tanpa menggunakan inhaler jika kondisi asma yang muncul tidak parah. Namun, Cobalah cara di atas jika kamu memang sedang sangat terdesak dan kehilangan inhaler. Sebab, alangkah lebih baiknya jika kamu tetap membawa inhaler dan obat asma lainnya yang dianjurkan oleh dokter. 

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat, Gampang Banget!

Telah dipublish di lIDNTimes