Sederet Fakta MSG yang Mungkin Tak Kamu Tahu

Posted on

Sederet Fakta MSG yang Mungkin Tak Kamu Tahu

https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 23 298 2120615 sederet-fakta-msg-yang-mungkin-tak-kamu-tahu-jntFnHtclV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KANKER masih menjadi penyebab kematian terbesar ke-3 penyakit tidak menular di Indonesia, setelah stroke dan jantung. Gaya hidup, dan pola makan dituding menjadi salah satu penyebab terbentuknya kanker.

Tapi, ternyata ada beberapa mitos yang salah soal penyakit kanker ini. Salah satunya adalah kanker terjadi karena mengonsumsi MSG.

Praktisi onkologi Prof. Aru menyebut, tidak ada hubungan kanker dengan MSG. Pasalnya, bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) terbuat dari tetes tebu, dan bukan zat kimia (sintetik) atau zat aditif. Ditambah lagi, MSG dibuat melalui proses fermentasi.

Adapun tambahan zat dalam Bahan Tambahan Pangan Penyedap Rasa (MSG) ada tiga yaitu: Asam Glutamat 78%, Natrium 12% dan Air 10%. Sebagai zat utama, adalah Asam Glutamat yang merupakan Asam Amino yang tidak berbeda Asam Glutamat yang terkandung dalam makanan alami sehari hari seperti: Tomat, Susu, Keju dsb.

Guna menambahkan, rasa gurih MSG pun menggunakan jamur yang ditemukan ahli Jepang Dr. Kikunae Ikeda (1908). Umami atau gurh sendiri, terbentuk dari glutamat dari ekstrak rumput laut, sedangkan jamur oleh Dr. Akira Kuninaka (1957) menemukan umami dari guanilat dari jamur shiitake.

Oleh karena itu, MSG pun mudah larut dan dapat dimetabolisme dengan baik dalam tubuh, lantaran MSG adalah salah satu Bahan Tambahan Pangan Penguat Rasa yang paling aman dan diizinkan untuk dikonsumsi berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.033 Tahun 2012 dengan takaran penggunaan Secukupnya.

(mrt)

Telah dipublish di lOkezone