Perbandingan Aprilia Shiver 900 dengan Ducati dan MV Agusta Brutalle

Posted on

Perbandingan Aprilia Shiver 900 dengan Ducati dan MV Agusta Brutalle
Perbandingan Aprilia Shiver 900 dengan Ducati dan MV Agusta Brutalle

Umum
Model sedang berpose di atas Aprilia Shiver 900 (Antara News/Chairul Rohman)
Jakarta (ANTARA) – PT Piaggio Indonesia baru saja melanjutkan pengembangan untuk kendaraan kategori naked bike, yakni Aprilia Shiver 900 yang menggunakan bahan material terbaru.

Motor besar itu diketahui memiliki mesin yang baru dan dilengkapi dengan shock absorber yang bersumbu langsung ke swing arm untuk meningkatkan kemampuan suspensi.

Kepuasan penuh dalam mengendarai Aprilia Shiver 900 terjaga dengan ekstra fitur keselamatan Marelli 7SM ECU yang memberikan sistem kontrol traksi yang canggih.

Mesin silinder kembar 900cc yang disempurnakan mampu menghasilkan torsi 90 Nm pada 6.500 rpm dan lebih dari 95 HP sehingga menjamin kecepatan akselerasi dan putaran yang mumpuni.

Aprilia Shiver 900 juga memiliki jarak sudut 90 derajat pada kedua silinder, masing-masing dengan empat valve timing, dual noken as, dan pendingin cair.

Baca juga: Piaggio Indonesia rilis "naked bike" Aprilia Shiver 900

Desain yang membuat Shiver terlihat menawan dan berani adalah knalpotnya yang seolah menyatu dengan jok belakang. Desain knalpot terbaru tersebut juga membuat pembuangan hasil pembakaran lebih cepat ke arah bawah, sehingga sehingga tidak mengganggu penumpang di jok belakang dan memastikan kenyamanan yang lebih.

Dari sudut layar, motor itu sudah menyematkan dengan layar TFT full-colour berukuran 4,3 inci dengan sistem navigasi, rev counter, speedometer, temperatur pendingin, temperatur udara, serta jam.

Aprilia Shiver 900 berwarna Challenging Red ditawarkan dengan harga Rp560 juta (on-the-road Jakarta).

Di Indonesia, motor besar yang lahir di Italia itu akan bersaing dengan saudara satu negaranya seperti Ducati dan MV Agusta.

Baca juga: Aprilia Shiver 900 hadir dengan sejumlah pembaruan
 

DU 2017-09-07 MONSTER 1502

Ducati Monster 821

Ducati Monster 821 adalah kendaraan asal Italia yang akan menjadi penantang dari Aprilia terbaru. Motor besar itu mendapatkan peningkatan spesifikasi dan bodi.

Motor ini telah mewarisi semua keaslian Monster 900 pertama itu dengan menggabungkan kinerja yang sempurna dan keramahan pengendara yang luar biasa.

Ducati Monster 821 yang hadir sejak Oktober 2018 juga bergaya naked bike.

Monster 821 memiliki berbagai macam fitur-fitur estetika dan fungsional yang sudah hadir di Monster 1200.

Baca juga: Ducati hadirkan Monster 797 edisi khusus

Motor besar itu memiliki tampilan yang ramping, lincah dan bagian ekor yang sudah didesain ulang serta peredam baru dan lampu utama yang klasik dan kontemporer.

Tidak hanya desain yang baru, motor besar itu juga memiliki layar TFT berwarna dengan indikator ada takometer, speedometer, temperatur mesin, riding mode, level ABS dan DTC (Ducati Traction Control), jam sampai indikator bahan bakar.

Monster 821 menggunakan mesin Testastretta 11 L-Twin, 4 Desmodromically Actuated Valves Per Cylinder, dengan pendingin cairan. Kapasitas mesin 821 cc diklaim punya tenaga maksimal mencapai 109 dk pada 9.250 rpm dan torsi 86 Nm pada 7.750 rpm.

Monster 821 hadir dalam tiga warna berbeda yaitu Ducati Red, Black dan Ducati Yellow klasik yang banyak digemari penggemar Monster selama ini. Ducati Monster 821 ini dibanderol Rp482.900 on the road Jakarta.

Baca juga: Ducati hadirkan Monster 797 edisi khusus
 

MV Agusta Brutale 800 (Antara News/MV Agusta)

​​​​​​​MV Agusta Brutale 800

Motor besar lain asal Italia, MV Agusta Brutale 800 hadir sebagai perayaan 15 tahun semenjak Brutale-series yang pertama dilahirkan.

Produk yang dilahirkan dari riset yang memakan waktu bertahun-tahun itu melakukan perombakan besar mulai dari bodi maupun bagian mesin.

Motor premium itu sudah dilengkapi dengan lampu depan menggunakan teknologi LED serta sistem knalpot tiga peredam pipa yang diperbesar.

Chasis didesain ulang sehingga lebih futuristik. Tanki besar, mampu menampung 16.5 liter bensin. Kemudian, lampu belakang dan indikator LED, serta panel instrumen digital baru telah disematkan.

Baca juga: Benelli siapkan cruiser 400cc pesaing Royal Enfield

Motor besar yang diluncurkan pada 2017 lalu itu mengusung mesin berkapasitas 798cc tiga-silinder dengan counter-rotating crankshaft. Mesin mampu memuntahkan torsi yang lebih baik pada rev range yang paling sering digunakan sehingga torsi maksimum menjadi meningkat sekitar 25 persen dengan 83 Nm pada 7.600 rpm.

MV Agusta Brutale 800 sudah menggunakan teknologi yang ramah lingkungan sesuai dengan usulan yang saat ini berlaku untuk peraturan gas emisi Euro IV. Agar dapat mematuhi peraturan itu, sepeda motor itu harus menurunkan tenaga dari 125 HP menjadi 116 HP.

Mesin juga dilengkapi dengan slipper clutch yang beroperasi dengan teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift yang dikelola oleh sistem MVICS terbaru.

MV Agutsa Brutale 800 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu ice pearl white, red serta black matt metallic. Harga motor besar itu dibanderol Rp530 juta on the road.

Baca juga: Triumph edisi terbatas diklaim bernilai investasi

Pewarta: KR-CHA
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019

  • Tags
  • aprilia
  • ducati
  • mv agusta

Sumber ArtikelAntaranews