Makan Nanas dan Pepaya Sebabkan Keguguran, Mitos Atau Fakta?

Posted on

Makan Nanas dan Pepaya Sebabkan Keguguran, Mitos Atau Fakta?

https: img.okeinfo.net content 2019 10 12 481 2116144 makan-nanas-dan-pepaya-sebabkan-keguguran-mitos-atau-fakta-PwDXQDJWsB.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SEBAGIAN orang mengaitkan keguguran dengan larangan-larangan orangtua yang belum teruji secara ilmiah. Misalnya suami orang hamil tidak boleh membunuh binatang meskipun itu hama.

Mungkin pemikiran seperti itu diamini oleh orangtua zaman dulu. Namun sebenarnya fenomena keguguran bisa dijelaskan secara medis. Dalam dunia kedokteran, fenomena keguguran disebut dengan blighted ovum atau biasa dikenal sebagai kehamilan anembrionik.

Sebagaimana dilansir dari American Pregnancy pada Sabtu (12/10/2019), keguguran terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim, namun embrio tidak berkembang. Sel berkembang membentuk kantung kehamilan, tetapi bukan embrio itu sendiri.

Foto: Istimewa

Sel telur mengalami pembusukan pada trimester pertama, seringkali sebelum seorang wanita tahu mengalami kehamilan. Tingkat abnormalitas kromosom yang tinggi biasanya menyebabkan tubuh wanita mengalami keguguran secara alami.

Lebih lanjut, keguguran juga kerap dikaitkan dengan perilaku ibu hamil yang mengonsumsi pepaya dan nanas. Selain itu ada juga yang menilai stres bisa menyebabkan keguguran. Nah, hal tersebut mitos atau fakta? Berikut penjelasannya:

1. Makan Pepaya Bikin Keguguran

Boleh atau tidaknya ibu hamil mengonsumsi pepaya ternyata tergantung dengan tingkat kematangannya. Larangan makan pepaya saat hamil tidak berlaku pada buah yang sudah matang. Justru yang harus dihindari adalah getah pada pepaya mentah.

Foto: Istimewa

Ini disebabkan getah pepaya mentah dapat menimbulkan berbagai efek, di antaranya merangsang kontraksi otot dinding rahim sehingga mengakibatkan persalinan dini, memicu reaksi alergi yang berbahaya pada ibu hamil.

2.Makan Nanas Sebabkan Keguguran

Ternyata ini hanyalah mitos semata, nanas mengandung bromelain (obat yang biasa digunakan untuk peradangan). Bromelain biasanya berbentuk tablet, dan bromelain yang berbentuk tablet inilah yang tidak direkomendasikan untuk digunakan selama masa kehamilan. Mereka dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal. Tetapi jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda, apalagi sampai menyebabkan keguguran.

3.Stres Sebabkan Keguguran

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Hormon kortisol dikeluarkan oleh tubuh ketika stres. Jika terlalu banyak diproduksi maka hormon ini bisa menembus plasenta dan mengganggu perkembangan otak janin. Selain itu stres juga bisa membuat ibu hamil berisiko mengalami pre-eklampsia.

1
3
  • #Ibu Hamil
  • #kehamilan
  • #alat tes kehamilan
  • #keguguran
  • #Perjuangan Ibu Hamil

Telah dipublish di lOkezone