Lakukan Pilates Tanpa Instruktur, Ini 5 Gerakan yang Bisa Dipraktekkan

Posted on

Lakukan Pilates Tanpa Instruktur, Ini 5 Gerakan yang Bisa Dipraktekkan

https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 09 481 2102304 lakukan-pilates-tanpa-instruktur-ini-5-gerakan-yang-bisa-dipraktekkan-3Ei7jbQp0c.JPG Perempuan sedang melakukan gerakan pilates (Foto: Leonardus Selwyn/Okezone)

Saat ini pilates menjadi salah satu olahraga yang menarik perhatian banyak orang. Gerakan yang dilakukan dalam pilates dinilai mampu memperbaiki berbagai macam masalah yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, pilates juga bermanfaat untuk mencegah cedera yang dialami seseorang ketika sedang berolahraga.

Sebagaimana diketahui, pilates terdiri dari berbagai gerakan yang disesuaikan dengan kebutuhan sang penggunanya. Fungsinya adalah memperkuat otot bagian tubuh tertentu sehingga menjadi terlatih dan terbiasa saat berolahraga.

 Perempuan olahraga

(Foto: Leonardus Selwyn/Okezone)

Hal ini dibenarkan oleh Pelatih Yoga Profesional sekaligus Founder Pilates Soul, Cecilia Manik. Menurutnya berlatih pilates bisa membuat tubuh menjadi lebih fleksibel apabila dilakukan dengan rutin dan benar.

Selain itu, untuk melakukan pilates juga dibutuhkan instruktur yang berpengalaman agar gerakan yang dilakukan bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Pasalnya, jika gerakan pilates tidak sesuai, maka hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

“Seseorang yang ingin melakukan pilates, harus ada instruktur yang melihat dan mengajarkannya. Kalau pilates dilakukan seorang diri biasanya sesuatu yang dituju akan sulit dicapai, bahkan tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan alias jadi wasting time,” ucap Cecilia saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

 Pria berolahraga

Meski tidak membutuhkan waktu yang lama, namun masih banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk melakukan pilates. Banyaknya pekerjaan serta kesibukan di dunia kerja membuat seseorang sangat sulit memberikan waktu untuk tubuhnya.

Cecilia pun memberikan beberapa tips gerakan dasar pilates yang bisa dilakukan dirumah dengan waktu yang singkat. Anda bisa melakukan gerakan ini seorang diri tanpa perlu didampingi oleh instruktur.

“Lima gerakan dasar yang bisa dilakukan dirumah adalah gerak membungkuk ke depan (bend foward), gerakan menekuk ke belakang (back bend), menekuk ke kiri dan ke kanan dan berjongkok. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan gerakan ini, tandanya tubuh Anda bermasalah,” sambungnya.

1
3
  • #Olahraga
  • #Manfaat Pilates
  • #Pilates

Telah dipublish di lOkezone