Benar Nggak Sih Toilet Duduk Nggak Baik Buat Kesehatan? Ini Penjelasan Para Ahli

Posted on

Benar Nggak Sih Toilet Duduk Nggak Baik Buat Kesehatan? Ini Penjelasan Para Ahli

https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 09 481 2102363 benar-nggak-sih-toilet-duduk-nggak-baik-buat-kesehatan-ini-penjelasan-para-ahli-nuRgqAhqMG.jpg Foto: IG TOTO.Indonesia

MASYARAKAT Indonesia cukup familiar dengan keberadaan toilet duduk, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan. Ini karena, pusat-pusat keramaian, seperti mall, stasiun, bandara, hingga rumah sakit, lebih sering menggunakan toilet duduk dibanding yang jongkok. Penggunaan toilet duduk menjadi pilihan karena menghadirkan kesan lebih bersih dan modern. Kendati begitu, banyak juga kalangan yang masih menggunakan toilet jongkok. Alasannya, harga toilet jongkok lebih terjangkau dibanding toilet duduk.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Digestive Diseases and Sciences, Dov Sikirov, menilai bahwa berjongkok atau duduk saat di toilet ternyata memengaruhi kelancaran saat buang air besar (BAB). Hasilnya, toilet jongkok dianggap lebih menyehatkan karena dapat memperlancar BAB. Namun, hasil penelitian menjadi perdebatan, karena toilet duduk memiliki banyak variasi dan juga bisa memperlancar BAB.

Terapis fisik kesehatan wanita, Brianne Grogan, justru menjelaskan bahwa buang air kecil dengan cara berjongkok dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih yang tidak tuntas yang akhirnya dapat menyebabkan peningkatan frekuensi dan urgensi buang air kecil. Dalam kasus-kasus ekstrem dapat meningkatkan infeksi kandung kemih.

Sebenarnya kita juga tak perlu takut akan kuman ketika duduk di toilet umum. Ini karena bentuk permukaan dudukan kloset telah didesain khusus agar bakteri tak dapat hidup di sana. Ini dikuatkan dengan pernyataan ahli mikrobiologi klinis dari Universitas Leicester, Dr. Primrose Freestone, bahwa menggunakan toilet umum tak akan terkena penyakit menular.

“Mengalami infeksi oleh kuman hanya dengan duduk di kursi toilet sangat tidak mungkin, kebanyakan penyakit usus melibatkan transfer bakteri dari tangan ke mulut bukan dari kulit. Kulit manusia juga ditutupi oleh lapisan bakteri dan ragi yang berfungsi sebagai pelindung yang sangat efektif,” katanya seperti dikutip Dream dari New York Post.

Toto

Foto: IG @TOTO.Indonesia

Sementara itu, kloset duduk kini makin banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan gaya hidup. Terlebih saat ini kamar mandi mulai jadi bagian dari lifestyle. Kamar mandi, khususnya toilet yang bersih membuat penggunanya nyaman dan percaya diri ketika ada orang lain yang menggunakan.

Mengenai toilet duduk, berikut ini adalah beberapa kelebihannyaseperti dilansir Okezone dari berbagai sumber.

1. Toilet duduk lebih higienis

Toilet duduk dianggap lebih higienis karena memiliki penutup di atasnya. Ini bermanfaat ketika flushing, membuat bakteri dari lubang toilet tidak berterbangan kemana-mana. Beda halnya dengan toilet jongkok yang tidak memiliki penutup.

Selain itu, toilet duduk dilengkapi dengan shower jet untuk berbilas. Dengan demikian, air bilasan tidak menyebar ke lantai kamar mandi. Air yang dipakai untuk berbilas juga lebih higienis dibanding air yang sudah tersedia di ember atau bak.

2. Tidak membuat kaki kesemutan

Kelebihan menggunakan toilet duduk, adalah penggunanya bisa lebih nyaman saat BAB meski dalam jangka waktu lama. Beda halnya dengan toilet jongkok, kaki akan kesemutan dan membuat nyeri. Kondisi jongkok berlama-lama juga akan menjadi persoalan, khususnya bagi para lansia atau anak-anak.

Toto

Foto: IG @inijedar

3. Kloset duduk ergonomis

Saat ini, produsen saniter sudah menciptakan kloset yang ergonomis, yakni disesuaikan ketinggiannya dengan lantai kamar mandi. Dengan demikian, pengguna tetap bisa BAB dengan lancar dan nyaman tanpa perlu mengejan.

TOTO Indonesia selaku produsen saniter menawarkan kloset duduk dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Adalah CW 421 J/SW 420 JP, yang dilengkapi dengan dual flush 4.5/3 L menjadikannya lebih efektif dan hemat air. Disamping itu, terdapat teknologi eco washer sehingga lebih hemat energi karena tak menggunakan aliran listrik.

“Kalau kita menggunakan toilet jongkok, tidak tahu berapa banyak air yang bakal dihabiskan untuk membersihkan kotoran di toilet. Tapi dengan dual flush ini, sekali pencet sudah langsung bersih,” ujar Assistant Manager Marketing Department TOTO Indonesia, Andry H saat ditemui di Gedung TOTO, Jakarta Barat.

Toto

Assistant Manager Marketing Department TOTO Indonesia, Andry H bersama Rafi Ahmad (Foto: TOTO Indonesia)

Desain toilet CW 421/SW 420 J yang modern minimalis pun membuatnya cocok dipasang di rumah. Terlebih toilet ini didesain dengan tidak banyak lekukan sehingga kotoran tidak mudah menempel.

“Kita ingin masyarakat beralih menggunakan toilet duduk sejak dini. Karena penggunaan toilet duduk itu sebenarnya jauh lebih baik, khususnya bagi mereka yang sudah berumur dan anak-anak. Itulah sebabnya kita membuat produk yang harganya bisa dijangkau banyak kalangan,” pungkas TOTO.

TOTO Indonesia akan mengeluarkan web series melalui akun YouTube untuk mengedukasi masyarakat tentang kegunaan toilet duduk. Web series berjudul Dunia Terbalik-Balik akan tayang perdana pada 13 September nanti, dan diperankan oleh Sobri (Diaz Ardiawan), Dedeh(Marsha Risdasari), Koswara (Guntara Hidayat), Zaenab (Natalie Sarah), Idoy (Bembeng), dan Kemed (Idrus Madani).

Web series ini juga akan melibatkan presenter sekaligus aktor Raffi Ahmad. Makanya ikutin terus web series Dunia Terbalik-Balik dari TOTO Indonesia. Subscribe YouTube Channel TOTO Indonesia dan follow Instagram TOTO Indonesia sekarang. (cm)

1
3
  • #Toilet Duduk
  • #TOTO Indonesia

Telah dipublish di lOkezone