7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stres

Posted on

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stres

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stres daysoftheyear.com

Aktivitas sehari-hari yang padat bisa membuat kita stres. Belum lagi terkena imbas polusi udara dan macetnya jalanan yang kita lalui sehari-hari, membuat kita semakin tertekan! Alhasil, kita butuh relaksasi dan menenangkan pikiran dari rutinitas yang melelahkan.

Sudah mencoba berbagai cara untuk relaksasi namun selalu gagal? Don’t worry, kamu bisa mencoba cara berikut! Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Tarik napas dalam-dalam

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stresexpand-a-lung.com

Tips pertama yang bisa dipraktekkan adalah menarik napas dalam-dalam. Meski terlihat mudah, ternyata bernapas punya trik tersendiri! Pertama, duduk tegak dengan mata terpejam. Lalu tarik napas perlahan lewat hidung dan rasakan oksigen yang segar memasuki relung paru-paru. Hembuskan napas dengan perlahan setelahnya.

Judith Tutin, PhD, seorang psikolog dari Rome, Georgia, AS menyebut bahwa mengambil napas dalam-dalam bisa melawan efek stres, memperlambat denyut jantung serta menurunkan tekanan darah, ungkapnya seperti dalam laman Web MD. Jika dilakukan dengan benar, bernapas memang bisa membuatmu rileks!

2. Melakukan meditasi

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Strestheconversation.com

Bermeditasi beberapa menit dalam sehari bisa membantu mengurangi kecemasan. Robbie Maller Hartman, PhD, seorang pelatih kebugaran dari Chicago menyebut bahwa bermeditasi setiap hari dapat mengubah jalur saraf otak dan membuat kita lebih tahan dari stres, ungkapnya dalam laman Web MD.

Perlu diingat bahwa meditasi tidak hanya berupa duduk diam dengan menyilangkan kaki. Intinya, meditasi adalah upaya untuk berpikir rileks, menenangkan pikiran dengan bernapas lembut. Jangan lupa sugesti diri sendiri bahwa kita bahagia dan bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini, saran laman The Conversation.

3. Mendengarkan musik yang bisa membuatmu rileks

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stresdomesav.com

Mendengarkan musik bisa membuatmu rileks. Namun, musik yang didengar pun tidak sembarangan. Setidaknya, musik itu harus tenang, bisa membuatmu berpikir jernih dan damai serta tidak mendistraksi pikiran. Disarankan untuk mendengar musik tanpa lirik, hanya instrumental saja untuk membuatmu tenang, ungkap laman Inner Health Studio.

Faktanya, mendengarkan musik bisa membuat tubuh dan pikiran jadi rileks, terutama musik klasik yang pelan dan tenang. Jenis musik ini memiliki efek menguntungkan pada tubuh, seperti memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah serta menurunkan kadar hormon stres, jelas laman Psych Central. Trust me, it works! 

4. Coba pijat tubuhmu sendiri

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Strestimesofindia.indiatimes.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Kenapa Minum Kopi bikin Kebelet Pup? Ini Penjelasan Medis Prosesnya
  • Menahan Bersin Ternyata Sangat Berbahaya, Ini 7 Penjelasan Ilmiahnya 
  • Kenapa Makan Pedas Bikin Kita Cegukan? Ini 7 Penjelasan Medisnya

Tak perlu langsung pergi ke spa jika tubuhmu pegal-pegal. Cukup pijat tubuhmu sendiri dan rasa lelah itu akan sirna! Coba luangkan waktu beberapa menit untuk memijat tubuh sendiri di sela-sela aktivitas yang padat. Memijat tubuh sendiri bukan hanya lebih murah, tetapi juga bisa membuat pikiran jadi rileks, terang laman Help Guide.

Agar semakin rileks, coba gunakan minyak aromaterapi atau lotion beraroma lembut. Memijat diri sendiri bisa membantu mengurangi stres, menghilangkan rasa sakit dan meredakan ketegangan otot. Bagian tubuh yang perlu dipijat adalah leher, bahu, punggung, dada, betis, telapak kaki hingga tangan dan pinggang, jelas laman Back Intelligence.

Baca Juga: 7 Tips Teknik Pernapasan Sederhana untuk Melakukan Relaksasi

5. Buatlah otot jadi lebih rileks

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Streswellandgood.com

Ketika kamu merasa cemas atau stres, otot akan menegang. Otot yang tegang ini akan membuat tubuhmu jadi lelah dan pegal-pegal. Maka dari itu, praktikkan cara berikut ini agar ototmu tak lagi tegang:

  • Duduklah di tempat yang tenang dan nyaman. Perlahan-lahan, tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan. Lakukan ini dengan mata terpejam.
  • Lalu, regangkan tangan ke atas selama beberapa detik. Kemudian, regangkan tangan ke samping dan ke belakang seperti sedang melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  • Gerakkan leher ke kanan, kiri, atas dan bawah. Lakukan hingga otot lehermu tak terasa kaku.
  • Regangkan kaki dan tahan posisi selama beberapa detik. Lakukan hingga otot kaki tak lagi terasa kaku.
  • Gerakkan pinggang ke kanan dan kiri. Ulangi beberapa kali hingga otot pinggang tidak lagi terasa tegang.

6. Dengarkan suara-suara yang menentramkan

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Streskusc.org

Beberapa jenis suara bisa membuat jiwamu menjadi tenteram dan damai. Seperti misal suara kicau burung, percik air atau debur ombak. Jika kamu tinggal di kota besar dan kesulitan untuk mendengar suara tersebut, coba cari di YouTube dan dengarkan dengan gadget-mu. Simpel, mudah dan tak mengeluarkan biaya!

Ketika mendengar jenis suara ini, pejamkan mata dan rasakan seolah berada di alam. Tak lupa, dengarkan suara ini dengan earphone agar sensasinya lebih terasa nyata. Faktanya, mendengar jenis suara ini bisa membuat pikiranmu lebih tenang, mengurangi stres dan membuat mood jadi lebih baik.

7. Tertawalah!

7 Cara Relaksasi Paling Mudah dan Efektif, Buatmu Terbebas dari Stresmedicalnewstoday.com

Terakhir, tertawa bisa membuat kita jadi rileks, lho! Tertawa tidak hanya dapat membuat pikiran lebih bahagia, tetapi juga menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar hormon endorfin. FYI, hormon kortisol adalah hormon stres yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal, sementara endorfin diproduksi tubuh untuk melepaskan rasa sakit dan stres.

Bertemu dengan teman dan bercanda bisa membuat mood jadi lebih baik. Namun, jika semua teman-temanmu sibuk, tak ada salahnya untuk mencari alternatif. Misalnya, menonton sitkom, membaca komik atau novel komedi atau bercakap dengan teman lewat chat untuk membuatmu tersenyum, saran laman Web MD.

Nah, itulah 7 hal yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiranmu jadi rileks. Jangan lupa praktekkan tip tersebut. Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Relaksasi Anti Mainstream Ini Konon Bisa Redam Stres Kamu

Telah dipublish di lIDNTimes