Dokter Cabut 526 Gigi dari Bocah 7 Tahun, Ini Kisahnya

Posted on

Dokter Cabut 526 Gigi dari Bocah 7 Tahun, Ini Kisahnya

https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 481 2089770 dokter-cabut-526-gigi-dari-bocah-7-tahun-ini-kisahnya-SYgr1oyflo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GIGI memang menjadi salah satu bagian dari tubuh yang harus diperhatikan dengan seksama. Banyak penyakit bisa terjadi hanya karena kita sakit gigi.

Nah, sejumlah dokter di India berhasil mengangkat tumor dengan jumlah rekor 526 gigi di dalam mulut seorang anak laki-laki berusia 7 tahun, seperti dilansir dari BBC Indonesia.

Tumor seberat 200 gram tersebut bersarang di rahang kanan bawah sang bocah menurut Senthilnathan P., seorang dokter dari Saveetha Dental College and Hospital, tempat operasi tersebut dilaksanakan.

“Dia datang menemui kami dengan keluhan pembengkakan pada rahangnya,” kata Senthilnathan. Senthilanathan menyebut, anak laki-laki itu sudah mengalami pembengkakan pada rahangnya sejak usia tiga tahun.

Dokter-dokter tersebut percaya jumlah gigi tersebut menjadi rekor medis baru di dunia.

“Yang kami angkat itu adalah tumor jinak dan kami menemukan dalam tumor itu tertanam dengan ratusan gigi yang belum tumbuh,” katanya, sambil menambahkan bahwa operasi dilakukan pada bulan lalu, Juli. Dokter-dokter tersebut percaya jumlah gigi tersebut menjadi rekor medis baru di dunia.

Sang dokter mengungkapkan bahwa sebuah tumor dengan gigi yang belum tumbuh biasanya merupakan kondisi genetis yang bisa juga disebabkan faktor eksternal, seperti trauma pada gigi. “Anak tersebut pulih dengan sangat baik dan diperbolehkan pulang tiga hari kemudian,” tuturnya.

Adapun jumlah gigi usia dewasa awal normalnya adalah 32 buah. Berbeda dengan gigi susu yang hanya berjumlah 20 buah. Gigi-gigi dewasa mulai tumbuh pada saat usia 12-14 tahun.

Setelah itu, barulah tumbuh empat gigi tambahan untuk melengkapi jumlah keseluruhan menjadi 32 buah. Gigi yang terakhir tumbuh pada orang dewasa ini disebut gigi bungsu. Gigi bungsu tumbuh ketika Anda berusia 17-21 tahun.

Gigi adalah bagian paling keras pada tubuh manusia. Fungsi utama gigi adalah sebagai organ pendukung proses pencernaan, yaitu untuk mengoyak dan mengunyah makanan. Gigi juga berpengaruh kepada kemampuan dan kejelasan berbicara.

1
2
  • #Cabut Gigi
  • #Agregasi BBC Indonesia
  • #GIGI

Telah dipublish di lOkezone