8 Manfaat Meminum Air Zamzam

Posted on

8 Manfaat Meminum Air Zamzam
[MITOS] Mengintip Enam Tradisi Unik Saat Haji

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat muslim, air zamzam adalah minuman yang sangat istimewa. Oleh-oleh khas dari Tanah Suci ini muncul ketika Siti Hajar berusaha mencari air untuk anaknya, Nabi Ismail AS. Ia berlari tujuh kali bolak-balik di tengah padang pasir di antara dua bukit Safa dan Marwa.

Tidak menemukan apapun, Nabi Ismail AS tiba-tiba menghentakkan kakinya dan muncullah mata air yang masih mengeluarkan airnya hingga saat ini. Mata air ini terletak sekitar 20 meter di sebelah timur Ka’bah dan memiliki kedalaman 35 meter.

Baca Juga

  • Ribuan Liter Air Zamzam untuk Jamaah Haji Sudah Diterima PPIH Daerah

Dalam buku Perjalanan Ruhani Sepanjang Masa karya Ablah Muhammad al-Kahlawi dituliskan bahwa air zamzam dapat menjadi pemuas dahaga, obat segala penyakit, berkhasiat sesuai yang diinginkan, penenang pikiran, dan penguat hati.

Kandungan unsur kimiawi yang ada di dalam air zamzam dipercaya bisa menyehatkan. Karena air zamzam memiliki kandungan nitrit sekitar 160-180 miligram per liternya. Air zamzam juga memiliki kandungan kalsium (130-160mg), chlorine (250-290mg), dan sulfat (500mg-510mg).

Oleh sebab itu, air zamzam memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki air lainnya. Berikut beberapa manfaat air zamzam.

1. Air terbaik di Bumi

Rasullullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zamzam.” (H.R Ahmad)

 

 

 

2 dari 3 halaman

Mengobati Segala Penyakit

2. Dapat mengampuni dosa-dosa

Rasullullah SAW bersabda, “Siapa yang mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali (tawaf), sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya,” (H.R al Wahidi).

3. Mewujudkan segala sesuatu sesuai niatnya

Rasullullah SAW bersabda, “Air zamzam berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan,” (H.R Ibu Majah)

4. Mengobati segala macam penyakit

Rasullullah SAW bersabda, “Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan, maka Allah akan menyembuhkanmu,” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim)

5. Menghilangkan kemunafikan

Rasullullah SAW bersabda, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan,” (H.R Ibnu Abbas)

 

3 dari 3 halaman

Sebagian dari Ibadah

6. Dapat membedakan muslim dengan orang munafik

Rasullullah SAW bersabda, “Orang yang munafik adalah mereka yang tidak meminum air zamzam dan merasakan air zamzam sampai puas,” (H.R Ibnu Majah)

7. Terdapat banyak berkah

Rasullullah SAW bersabda, “Air zamzam mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar,” (H.R Ahmad)

8. Sebagian dari ibadah

Rasullullah SAW bersabda, “Air zamzam dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satu keutamaannya adalah barangsiapa yang memercikkannya ke kepala tiga kali maka tidak akan terkena penyakit,” (H.R al Fakihi)

 

Penulis: Diviya Agatha

Sumber Artikel Liputan 6