6 Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kanker

Posted on

6 Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kanker

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kanker pixabay/HansMartinPaul

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian ilmiah baik di dalam maupun luar negeri, ternyata kanker sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Bahkan faktor ini lebih berpengaruh daripada faktor genetik.

Faktanya, dalam kasus kanker payudara saja, hanya 5% sampai 10% penderita kanker payudara yang disebabkan oleh faktor genetik.

Pola hidup seperti apa saja yang dapat mencegahmu dari kanker? Ini dia jawabannya.

1. Konsumsi buah dan sayur secara teratur bisa mengurangi risiko kanker hingga 47%

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari KankerPixabay/geralt

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di salah satu rumah sakit Guangdong, Tiongkok menunjukkan bahwa konsumsi sayur dan buah dapat menjauhkanmu dari penyakit membunuh ini. P

Pasalnya sayur dan buah berkaitan dengan substansi potensial berupa antikarsinogenik seperti karotenoid, vitamin C, vitamin E, dihtiolthiones, isoflavon, dan isotiosianat. Kamu harus rajin mengonsumsi buah dan sayur karena konsumsi makanan sehat ini terbukti bisa mengurangi risiko kanker hingga 47%.

2. Jangan mengonsumsi alkohol ya!

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kankerpixabay/congerdesign

Fakta bahwa mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan kanker memang sudah dibuktikan oleh penelitian ilmiah. Hal itu dikarenakan alkohol berkaitan dengan hormon estrogen dan ketidakseimbangan dari hormon ini di dalam tubuh bisa memicu kanker.

3. Jangan jadi perokok pasif, apalagi perokok aktif

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kankerpixabay/HansMartinPaul

Meskipun pengaruh rokok terhadap terjadinya kanker secara langsung masih diperdebatkan, tetapi faktanya banyak penderita kanker yang merupakan perokok aktif, bahkan diantaranya adalah wanita yang hanya terpapar asap rokok.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Kenapa Minum Kopi bikin Kebelet Pup? Ini Penjelasan Medis Prosesnya
  • Menahan Bersin Ternyata Sangat Berbahaya, Ini 7 Penjelasan Ilmiahnya 
  • Kenapa Makan Pedas Bikin Kita Cegukan? Ini 7 Penjelasan Medisnya

Seorang perokok akan memiliki metabolisme estrogen lebih tinggi dibanding yang tidak merokok. Dan seperti yang sudah dibahas, estrogen adalah salah satu faktor penentu munculnya penyakit kanker.

Baca Juga: 11 Hal yang Kamu Kira Jadi Penyebab Kanker, padahal Ternyata Bukan

4. Kurangi konsumsi lemak dan gula

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kankerpixabay/huntlh

Mengonsumsi gula dan lemak secara berlebihan akan meningkatkan berat badan dan kegemukan bisa mengundang penyakit kanker, apalagi jika sudah terkena diabetes. Hal itu terjadi karena tingginya kadar insulin yang bisa merangsang pertumbuhan sel kanker.

5. Berhenti mengonsumsi makanan berpengawet sekarang juga!

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kankerwww.standard.co.uk

Konsumsi makanan berpengawet dan timbulnya penyakit kanker memang sangat berkaitan. Hal ini dikarenakan makanan berpengawet sering terpapar senyawa heterocylic amines pada saat pengolahan dan ini merupakan senyawa pencetus kanker.

6. Kurangi konsumsi daging merah yang dibakar

6   Gaya Hidup Sehat yang Akan Menyelamatkanmu dari Kankergate74

Senyawa heterocylic amines juga dalam daging dan ikan yang dimasak dengan suhu tinggi, digoreng, atau dipanggang. Dan lamanya proses pemasakan sangat memengaruhi munculnya senyawa pencetus kanker ini. Jadi makanlah daging yang dimasak dengan kematangan yang pas.

Itulah enam gaya hidup sehat berdasarkan penelitian ilmiah yang harus kamu terapkan supaya terjauh dari kanker. Jangan hanya menerapkannya sendiri ya. Ajak juga ibu, ayah dan seluruh keluargamu untuk mulai menerapkan hidup sehat. Sayangi tubuhmu, sayangi pula keluargamu.

Baca Juga: Mau Awet Muda? Ini Dia 5 Pola Hidup Sehat yang Harus Kamu Terapkan

Santi Rizki Photo Community Writer Santi Rizki

Aku tak pernah berhenti!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes