10 Cara Marinasi Ayam Agar Rasanya Makin Sempurna

Posted on

10 Cara Marinasi Ayam Agar Rasanya Makin Sempurna

10 Cara Marinasi Ayam Agar Rasanya Makin Sempurna

Diana Rafikasari

loading…
10 Cara Marinasi Ayam Agar Rasanya Makin Sempurna
Marinasi merupakan langkah pertama yang diterapkan untuk membuat daging terasa sempurna, dimana ayam direndam dengan bumbu kental hingga menyerap ke dalam. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA – Ayam merupakan bahan makanan yang paling praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat yang selalu bisa menggoyang lidah. Seperti halnya ayam goreng, ayam bakar, opor ayam hingga ayam balado. Agar ayam memiliki tekstur yang empuk dan bumbu meresap hingga ke dalam dan menghasilkan hidangan yang sempurna, ayam harus dimarinasi atau direndam terlebih dahulu.

Marinasi merupakan proses perendaman daging di dalam marinate, sebelum diolah lebih lanjut. Marinate adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam lauk, biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan meningkatkan keempukan daging.Dilansir Times of India, bumbu rendaman yang sempurna membutuhkan keseimbangan lemak, rempah-rempah, dan kadar asam. Artinya, marinasi dapat mempengaruhi hasil akhir dari rasa ayam yang Anda masak. Nah, berikut 10 hal yang harus diperhatikan saat melakukan marinasi;1. Jika benar-benar ingin membuat resep menonjol, jadilah kreatif. Lupakan dadih dan mulailah menggunakan dengan bahan-bahan seperti madu, jus jeruk, anggur, teh, dan kopi.

2. Kombinasi lemak dan asam inilah yang membuat rendaman sempurna. Jadi, pastikan rendaman memiliki satu bahan asam, dikombinasikan dengan bahan lemak, seperti minyak, bersama dengan rasa lainnya.

Baca Juga:
  • 3 Cara Mengolah Daging Kurban yang Sehat
  • Cara Mudah Bikin Tengkleng Rica dengan Daging Kurban

3. Saat marinasi, penting untuk menggunakan rempah segar untuk mendapatkan rasa yang tepat. Namun, jika rempah-rempah segar tidak tersedia, Anda dapat menghancurkan yang kering untuk mengekstraksi rasa maksimum.

4. Saat membuat rendaman, pastikan bahwa rasio lemak dan asam adalah 1: 1. (Baca juga: 7 Hal Penting yang Baiknya Diketahui Saat Menyusui).

5. Setelah rendaman siap, putar cepat dalam mixer untuk mencampurkan asam dan lemak menjadi larutan kental dan halus.

6. Bahan asam jika dibiarkan dalam waktu yang lebih lama membuat ayam kering dan juga mempengaruhi tekstur akhir hidangan. Menurut para ahli, waktu yang ideal marinasi adalah lima hingga enam jam untuk mencapai tekstur dan rasa terbaik.

7. Dinginkan selalu ayam yang dimarinasi dalam wadah kaca kedap udara dan bukan wadah logam. Penggunaan wadah logam dapat menyebabkan reaksi kimia sehingga mempengaruhi rasa hidangan. Juga, pastikan bahwa tutup wadah terkunci dengan benar.

8. Anda bisa menggunakan garpu untuk menusuk ayam agar bumbu meresap atau Anda dapat memotong ayam dengan bantuan pisau. Terakhir, sediakan area permukaan yang lebih luas agar rendaman bekerja dengan cepat.

9. Bumbu sisa dapat ditambahkan dalam saus untuk meningkatkan rasa hidangan akhir. Jangan pernah mendinginkan sisa bumbu untuk kemudian hari karena rasanya tidak enak.

10. Jika Anda menambahkan garam dalam rendaman, pastikan rendaman mengandung garam yang lebih sedikit. Garam yang berlebihan menyebabkan hilangnya serat otot dan juga membuat ayam menjadi empuk.

(tdy)

Sumber ArtikelKoran Sindo