Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Mood

Posted on

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Mood

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Mood muscleandfitness.com

Pull-up bisa dikatakan adalah salah satu teknik olahraga paling sederhana. Hanya dibutuhkan tempat yang bisa digelantungi dan sekiranya mampu menahan bebanmu, maka sudah bisa kamu melakukan pull-up. Walaupun sederhana pull-up membawa banyak manfaat ke tubuh. Dilansir dari fitandme.com dan dailyhealthtipsweb.com, berikut ini adalah beberapa manfaat pull-up.

1. Meningkatkan otot bagian atas

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodgq.com

Dengan mengangkat bebanmu sendiri hanya dengan kedua tanganmu, jelas otot-otot lenganmu akan terbentuk. Namun tak hanya itu, otot-otot di area leher bahkan dada juga turut terlatih. Ini membuat tubuh bagian atasmu tampak lebih gagah.

2. Meningkatkan otot punggung

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodhealthline.com

Pull-up adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan otot punggung karena menarik tubuhmu sendiri membutuhkan kekuatan otot tersebut. Dengan teknik pull-up yang sederhana, kamu bisa melatih punggungmu di mana saja selama ada tempat untuk bergelantungan.

3. Meningkatkan kekuatan cengkraman

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodmirafit.co.uk

Kekuatan cengkraman sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengangkat hal berat, memanjat tebing bahkan hingga membuka tutup botol sekalipun membutuhkan kekuatan cengkraman. Melakukan pull-up, berat badanmu tertumpu pada tangan dan jari. Tekanan terhadap kedua hal itu yang mampu meningkatkan kekuatan cengkraman.

4. Cepat memanaskan tubuh

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodcoachmag.co.uk

Pull-up juga sering digunakan sebagai salah satu bentuk pemanasan sebelum masuk ke latihan selanjutnya. Pull-up mudah mengaktifkan otot tubuh bagian atas dan itu menandakan bagaimana tubuh juga mudah panas lewat pull-up. Hanya lewat beberapa kali pull-up, pasti tubuhmu sudah bercucuran keringat.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Sit-up yang Bisa Kamu Dapatkan jika Dilakukan Konsisten

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Kenapa Minum Kopi bikin Kebelet Pup? Ini Penjelasan Medis Prosesnya
  • Menahan Bersin Ternyata Sangat Berbahaya, Ini 7 Penjelasan Ilmiahnya 
  • Kenapa Makan Pedas Bikin Kita Cegukan? Ini 7 Penjelasan Medisnya

5. Membantu meningkatkan stamina

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodmilitary.com

Apapun bentuk aktivitas fisik, pasti akan meningkatkan stamina. Tak terkecuali dengan pull-up. Melakukan pull-up tampak mudah, tapi sebenarnya tidak. Kamu membutuhkan banyak energi untuk melakukan satu tarikan pull-up dan jika konsisten melakukannya, pull-up dapat meningkatkan stamina energimu tersebut.

6. Mengurangi berat badan

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodmenshealth.com

Memang pull-up melatih otot badan bagian atas, tapi bukan berarti lemak di bagian perut tidak terbakar. Panasnya tubuhmu ketika melakukan pull-up cukup untuk membakar lemak-lemakmu juga, terlebih lemak di bagian lengan dan bahu. Jika kamu ingin lemakmu lebih cepat berkurang, tambahkan set-nya atau kurangi jeda waktu istirahat antar set.

7. Meningkatkan kemampuan paru-paru

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodboxrox.com

Karena membutuhkan energi banyak, secara otomatis kamu juga membutuhkan udara di paru-paru lebih banyak. Hal ini bisa digunakan untuk melatih paru-parumu. Semakin sering kamu melakukan pull-up, maka semakin kuat pula paru-paru yang kamu miliki dan semakin tinggi pula stamina yang terbangun.

8. Meningkatkan mood

Ini 8 Manfaat Pull-up, Melatih Otot Bagian Atas hingga Tingkatkan Moodziva-fitness-nation.com

Percaya tidak percaya, pull-up juga membuat mood-mu lebih stabil, bahkan mungkin lebih bahagia. Sebenarnya tidak cuma pull-up tetapi juga olahraga yang lain. Melatih tubuh membuat otak memproduksi lebih banyak hormon bernama serotonin dan hormon ini mempengaruhi perasaanmu.

Pull-up memang sederhana, tapi kaya manfaat. Jika di rumahmu tidak ada alat olahraga, tetapi ada sesuatu yang bisa dibuat bergelantungan, latihan pull-up saja di sana. Hanya dalam beberapa waktu, dijamin kamu akan merasakan manfaatnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Push Up Secara Rutin, Baik untuk Pembentukan Otot

Telah dipublish di lIDNTimes