5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

Posted on

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Barat instagram.com/dodon_jerry

Kalimantan Barat adalah suatu wilayah yang unik karena jadi tempat berkumpulnya beberapa budaya besar di sana. Ada tiga budaya yang jadi mayoritas di provinsi besar ini, yakni Dayak, Melayu, dan Tiongkok. Kamu bisa melihatnya dengan jelas tercermin dari kuliner tradisional Kalimantan Barat.

Ada banyak kuliner yang bisa menunjukkan indahnya asimimilasi di Kalimantan Barat. Namun, karena Pontianak punya garis pantai yang panjang, membuat keragaman kuliner olahan laut di sana sangat unik. Berikut beberapa kuliner olahan laut yang populer dari Kalimantan Barat.

1. Chai Kwe

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Baratinstagram.com/_ashars_

Chai Kwe (disebut juga Choipan) sebenarnya adalah makanan khas Tiongkok. Namun, kuliner ini sangat terkenal di Pontianak. Chai Kwe adalah  campuran talas, bengkoang, daun bawang, dan udang kering (ebi). Bisa kamu bayangkan, nikmatnya Chai Kwe yang disajikan saat hangat. Sangat cocok sebagai hidangan pendamping.

2. Ale-ale

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Baratinstagram.com/dodon_jerry

Kuliner ini berasal dari Ketapang. Bahan utamanya adalah kerang endemik Ketapang yang bercangkang lunak dan licin, bentuknya kecil seperti remis, dan isinya berwarna putih bening.

Pengolahannya sangat sederhana tapi tetap enak yaitu dengan cara direbus dan ditambahkan garam. Kini, ale-ale bisa diolah menjadi bermacam-macam makanan seperti ale-ale tumis, ale-ale asam, kuah kental, sambal ale-ale, dan banyak lagi.

3. Sotong Pangkong

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 5 Resep Tempe Goreng Tanpa Tepung, Gampang Bikinnya dan Enak Rasanya
  • Resep Membuat Dorayaki Oreo, Inspirasi Camilan Enak Cuma 5 Bahan
  • 7 Tempat Makan Steak di Bandung Ini Dijamin Bikin Ketagihan
5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Baratinstagram.com/kiki_marsya

Sotong pangkog adalah olahan cumi kering. Biasanya, cumi dikeringkan sambil digarami. Oleh karena itu, dengan metode tersebut membuat cumi sangat keras. Untuk mengolah sotong pangkong, cumi akan dilembutkan menggunakan palu khusus. Kuliner ini sangat populer selama Ramadhan. Olahan cumi ini biasanya dimakan dengan sambal kacang atau sambal tomat sebagai hidangan pendamping.

Baca Juga: 5 Pilihan Kuliner Mi Enak di Solo dengan Harga Ramah Kantong, Cobain!

4. Pengkang

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Baratinstagram.com/linohkuekue

Kuliner satu ini adalah makanan yang bikin kenyang. Sekilas, pengkang sangat mirip dengan burasa dari Sulawesi Selatan. Ketan yang dicampur santan kelapa lalu diisi udang kering atau teri, kemudian dibungkus daun pisang. Dipanggang dengan menggunakan bilah bambu sampai benar-benar masak. Hasil akhirnya adalah makanan yang gurih dan lezat.

5. Mie kepiting Pontianak

5 Kuliner Hasil Laut Sedap Khas Kalimantan Baratinstagram.com/e.n.n.y.lauw84

Sekilas, mungkin kamu sulit membedakan mie kepiting Pontianak dengan mie kering Aceh. Namun, mie kepiting Pontianak penyajiannya tanpa kuah tapi dengan banyak hidangan pendamping di dalamnya. Umumnya, hidangan pendamping adalah kepiting, bakso, udang, ikan, siomay, atau daging.

Kalimantan Barat, khususnya wilayah pantai, adalah tempat yang asyik untuk jelajah kuliner. Ada banyak kuliner olahan laut dari Kalimantan Barat yang bisa kamu nikmati sepanjang pantai provinsi ini.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Turis

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes