Jangan Takut Pakai Mobil Listrik DFSK di Indonesia, Pengamannya Banyak

Posted on

Jangan Takut Pakai Mobil Listrik DFSK di Indonesia, Pengamannya Banyak

DFSK Glory E3

Photo :

  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Ada dua mobil unik yang ditampilkan DFSK, di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Kendaraan yang dimaksud adalah Glory i-Auto dan Glory E3.

Kehadiran Glory E3 di stan DFSK, ternyata menimbulkan banyak tanya bagi pengunjung. Hal tersebut lantaran mobil tidak lagi menggunakan mesin konvensional, melainkan mengusung motor listrik dengan sumber tenaga baterai. 

Deputy Production Head PT Sokonindo Automobile, Ricky Humizar mengatakan, dirinya pun sempat mendengar rasa penasaran pengunjung, yang bertanya soal keamanan Sport Utility Vehicle listrik tersebut saat melibas banjir.

“Saya bilang, kalau misalnya banjir, jangan dilewati. Pakai mobil biasa saja, kalau lewat banjir harus mundur. Kecuali, tiba-tiba terendam,” ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Jumat 26 Juli 2019.

Menurut Ricky, pertanyaan masyarakat soal keamanan mobil listrik saat berada di kondisi hujan atau bahkan banjir, adalah wajar. Sebab, kendaraan itu merupakan teknologi baru.

Lihat Juga
  • Mobil LCGC Daihatsu Sigra.

    Skema Diubah, Mobil LCGC Kena Pajak 3 Persen

  • Toyota HiAce Premio

    Toyota Pamer Mobil 12 Penumpang Baru, Harga Setengah Miliar

  • Booth Mitsubishi di GIIAS 2019.

    Delapan Hari GIIAS, Ini Mobil Mitsubishi yang Banyak Laku

  • Honda BR-V di GIIAS 2019

    Honda Umbar Diskon Puluhan Juta di GIIAS

  • Toyota Fortuner TRD.

    Fortuner Lama Bisa Dipasangi Fitur Canggih Ini

  • All New Daihatsu Terios

    Jelang Penutupan GIIAS, Daihatsu Terios Bisa Dicicil Rp1 Jutaan

Ia menjelaskan, mobil listrik dirancang oleh tim yang profesional. Faktor keamanan mobil ketika sudah dijual kepada konsumen, sudah diperhitungkan oleh tim pengembang.

“Sebagai informasi, motor listrik untuk penggerak mobil itu tegangannya di angka 274 Volt, lebih besar dari tegangan di rumah. Jadi, sangat wajar konsumen bertanya kalau banjir bagaimana,” tuturnya.

Sama seperti listrik rumah, arus yang ada di Glory E3 juga dibekali dengan sistem pengaman. Hal itu untuk menghindari munculnya korsleting.

“Pakai sistem pengaman. Kalau sudah melebihi kapasitas, maka akan mematikan sistemnya. Ada juga sistem untuk mengamankan saat ada kejanggalan, misalnya terendam atau ada bagian kabel yang tidak dilindungi,” jelasnya.

Sumber Viva