Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita Sepelekan

Posted on

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita Sepelekan

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita Sepelekan Unsplash/a_d_s_w

Kamu sering kelelahan? Padahal istirahatmu cukup dan sudah mengurangi aktivitas tidak perlu? Eits, jangan salah. Ternyata ada banyak penyebab kelelahan yang sering kamu abaikan. Salah satunya adalah kualitas tidur yang buruk biarpun tidurmu cukup. Bagaimana hal itu bisa berpengaruh pada kelelahan?

Berikut daftar penyebab kelelahan beserta penjelasannya!

1. Kualitas tidur buruk

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanUnsplash/hutomoabrianto

Kamu sudah tidur cukup setiap hari dan tepat waktu. Lalu, kenapa kamu masih sering kelelahan? Jawabannya ada pada kualitas tidurmu.

Gelisah saat hendak tidur atau sering terbangun tengah malam adalah salah satu tanda kualitas tidur buruk. Menurut National Sleep Foundation, kualitas tidurmu juga diukur dari seberapa nyenyak kamu tidur. Kalau kamu butuh lebih dari setengah jam untuk tertidur, masih suka terbangun tengah malam dan butuh lebih dari 20 menit untuk tertidur kembali, berarti kamu kualitas tidurmu buruk.

Usahakan untuk membuat dirimu rileks sebelum tidur atau mengurangi waktu tidur siang.

2. Gaya hidup pasif

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanPexels/pixabay

Gaya hidup pasif atau tidak banyak bergerak memiliki banyak konsekuensi buruk. Duduk terlalu lama, misalnya, dapat mengurangi massa dan fleksibilitas otot. Hal ini membuat jantungmu melemah, sehingga membuat aktivitas apa pun terasa melelahkan buatmu.

Tinggalkan gaya hidup pasif dan mulailah sering banyak bergerak. Awalnya memang akan membuatmu lelah, tapi kebiasaan olahraga dan banyak bergerak akan tubuhmu lebih kuat dan berstamina.

Baca Juga: 7 Penyakit Ini Bisa Mengintaimu karena Sering Cepat Tidur Pulas

3. Olahraga berlebihan

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanUnsplash/victorfreitas

Memaksakan diri melewati batas saat berolahraga juga bisa menjadi penyebab kelelahanmu. Kelelahan setelah olahraga memang wajar, tapi kamu perlu mewaspadai bila kelelahan itu berlanjut hingga hitungan hari. Tanda-tanda lainnya juga bisa kamu rasakan dari otot-ototmu yang terasa lemas.

Ketahui batas tubuhmu saat berolahraga. Beri jeda istirahat beberapa hari bila kamu mengalami kelelahan akibat olahraga berlebihan.

4. Menu makanan tidak seimbang

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanUnsplash/thomashabr

Kalau kamu hanya makan makanan instan dan cepat saji tanpa memerhatikan asupan nutrisimu, pantas saja kamu kelelahan. Makanan adalah bahan bakar utama tubuhmu. Menu makanan yang tidak bergizi tidak memberi tubuhmu energi yang dibutuhkan.

Pastikan kamu memenuhi nutrisi secara seimbang dan secukupnya, bisa didapat dari daging, ikan, ayam, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan lain-lain.

5. Malas minum air putih

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanPexels/daria

Tubuhmu butuh air putih untuk menghidrasi, bukan minuman gula atau yang berkafein. Minuman mengandung gula menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat drastis lalu menyebabkan kelelahan begitu turun. Minuman berkafein pun akan membuatmu mudah dehidrasi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline, Mudah banget kok!
  • Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Mengintip 8 Fakta Gaya Hidup Mereka
  • Ketahui 12 Indikator Keluarga Sehat dari Kemenkes RI, Yuk Kita Penuhi!

Daripada minum air kemasan dengan rasa ini itu, selalu bawa botol berisi air putih ke mana pun kamu pergi. Minum air putih cukup setiap hari dapat membuatmu tetap bertenaga dan berpikiran jernih.

6. Kamu mengisolasi diri

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanUnsplash/dearferdo

Kalau kamu terbiasa atau suka mengunci diri dari dunia luar, itu bisa jadi penyebab kelelahanmu. Mengisolasi diri dapat berdampak pada depresi yang besar kaitannya dengan kelelahan yang kamu rasakan.

Pada dasarnya, manusia memiliki kebutuhan sosialisasi yang tak diganggu gugat. Hanya saja, setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Penuhi kebutuhan sosialisasimu. Menikmati dunia luar bersama orang-orang terdekat atau orang baru juga bisa membuatmu lebih bersemangat dan positif dalam menjalani hidup.

7. Stres

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanUnsplash/christnerfurt

Stres, terutama stres kronis, dapat menjadi penyebab kelelahan yang patut kamu perhatikan. Saat stres, hormon kortisol mengurangi produksi energi dalam tubuh. Itu sebabnya kamu selalu merasa kelelahan dan tak berenergi saat sedang stres.

Pelajari bagaimana caranya mengelola stres dengan baik. Bila perlu, kamu bisa bertemu ahlinya untuk membicarakan kesehatan mentalmu.

8. Terlalu banyak baca berita

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita Sepelekanunsplash.com/matthew_t_rader

Seperti yang mungkin telah kamu sadari, berita-berita buruk mendominasi di mana-mana. Salah satunya media sosial.  Berita-berita semacam ini bisa membuatmu skeptis pada kehidupan, menanamkan rasa takut dan kegelisahan, memunculkan stres, hingga membuatmu hanya fokus pada sisi-sisi buruk kehidupan.

Ikutilah berita secukupnya. Jangan sampai melewati batas tidak wajar. Matikan media sosial atau televisi bila sekiranya kamu mulai merasa gelisah dan berpikiran negatif.

9. Lupa merawat diri

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanUnsplash/florian_perennes

Sibuk mengenyam pendidikan? Sibuk bekerja? Atau sibuk memenuhi tuntutan ini itu? Kalau kamu sampai lupa merawat diri karena sibuk aktivitas sehari-hari, pantas saja bila kamu mengalami kelelahan. Kamu butuh banyak energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Selalu sediakan waktu untuk mengisi kembali energi dengan mendapatkan hiburan dan merawat diri sendiri. Memberi dirimu sendiri perhatian yang dibutuhkan juga bisa membuatmu lebih bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

10. Obat-obatan tertentu atau adanya penyakit

Duh, 10 Penyebab Kelelahan Ini Paling Sering Kita SepelekanPexels/rawpixel

Kalau kamu tetap merasa kelelahan biarpun telah hidup sehat, lebih baik kamu memeriksakan diri ke dokter. Kelelahan juga menjadi salah satu tanda adanya penyakit atau efek pengobatan tertentu.

Dokter bisa membantumu mengevaluasi gejala yang ditunjukkan tubuhmu dan memberikan saran secara tepat. Bila ada kemungkinan penyakit tertentu, kamu juga bisa tahu lebih awal.

Jangan sepelekan tanda-tanda yang ditunjukkan tubuhmu. Setelah tahu penyebab-penyebab di atas, evaluasi pola hidup dan dirimu sendiri, ya! Jangan sampai kamu menyepelekan hal seperti kelelahan. Mulai belajar merawat dan mencintai diri sendiri, yuk!

Baca Juga: 9 Kesalahan Kecil Saat Tidur Ini Dapat Berdampak pada Kesehatan Mental

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

“And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace,” Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes