5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!

Posted on

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba! expertise.com

Sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1920an oleh Joseph Pilates, olahraga satu ini banyak dikenal di seluruh dunia sebagai olahraga yang ampuh untuk meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas dan postur, serta menurunkan massa tubuh.

Namun tak sampai di situ, penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa selain bermanfaat bagi kebugaran, pilates juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Mulai dari stres yang ringan sampai masalah mental yang lebih berat, sehingga sangat cocok untuk dipraktikkan setiap hari.

Nah, kira-kira apa sajakah manfaat pilates bagi kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Berlatih menggunakan napas untuk menemukan fokus dalam gerakan

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!optimalptandwellness.com

Napas adalah salah satu alat paling ampuh untuk menenangkan pikiran dan digunakan dalam berbagai praktik kesehatan. Bernapas juga menjadi satu dari 8 prinsip pilates Joseph Pilates dan merupakan komponen penting dalam semua kelas pilates. Setiap latihan pilates melibatkan pola pernapasan tertentu yang meningkatkan efektivitas latihan, membantu suplai oksigen ke otot-otot, mengeluarkan limbah tubuh, dan mencegah kamu menahan napas ketika berolahraga.

Dalam memusatkan perhatian pada napas, pilates melatih kamu agar fokus dengan latihan yang sedang kamu jalani, merasakan otot yang bekerja selama latihan, dan membuat tubuh kembali dalam harmoni, menurut Ann Gibson, associate professor of exercise science di University of New Mexico.

2. Mengurangi stres dan meningkatkan mood positif

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!unsplash.com/Lam Rmah

Dilansir dari Harvard Health Publishing, olahraga termasuk pilates terbukti dapat menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol, dan meningkatkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Sehingga, rutin melakukan pilates akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam merespons dan mengatasi stres. 

Baca Juga: Ini 7 Olahraga Ringan yang Paling Cocok untuk Orang Sibuk, Gak Ribet!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline, Mudah banget kok!
  • Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Mengintip 8 Fakta Gaya Hidup Mereka
  • Ketahui 12 Indikator Keluarga Sehat dari Kemenkes RI, Yuk Kita Penuhi!

3. Melatih otak dan meningkatkan memori

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!Unsplash.com/Prasanna Kumar

Saat melakukan pilates kamu harus mengerahkan seluruh tubuh dan pikiran secara bersamaan. Bahkan ketika kamu memodifikasi dan membuat gerakan baru, hal tersebut melatih otak untuk mempelajari keterampilan baru, dan menjaga agar pikiran tetap terlibat selama melakukan pilates.

Selain itu, berlatih pilates juga akan membantu suplai darah ke otak yang bermanfaat dalam membuat kamu berpikir lebih jernih. Hal ini dapat meningkatkan ukuran hippocampus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab dalam memori. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan koneksi antara sel-sel saraf di otak yang kemudian akan meningkatkan daya ingat dan membantu melindungi otak dari cedera dan penyakit.

4. Mengatasi depresi dan kegelisahan

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!madebeautifulby.com

Sebuah laporan untuk keperluan Royal Australian and New Zealand College of Psychiatrists membahas tentang pentingnya olahraga dalam pengelolaan kondisi kesehatan mental seperti depresi. Laporan tersebut menyatakan bahwa olahraga merupakan komponen penting dalam pemulihan dari penyakit mental. Pilates dapat membantu mengatasi depresi dan kegelisahan dengan mengubah komposisi bahan kimia di otak, seperti serotonin, kortisol dan endorfin. Pilates juga bermanfaat untuk mengalihkan perhatian dari pikiran negatif, melepaskan stres, dan meningkatkan fokus.

5. Membuat otot lebih aktif dan memperbaiki fungsi sistem saraf

5 Manfaat Dahsyat Pilates bagi Kesehatan Mental, Patut Dicoba!samacharnama.com

Setiap kali bergerak, tubuh menggunakan beberapa area spesifik otak. Otak kemudian mengirimkan impuls melalui sumsum tulang belakang ke serabut otot. Dikutip dari Pilates Bridge, ketika kamu menggunakan otot-otot tertentu selama melakukan pilates, hal tersebut akan memicu rantai gerakan yang mungkin telah lama pasif yang dampaknya sistem saraf menjadi lebih sehat. Sistem saraf yang sehat tentunya akan meningkatkan sinergi antara otak dan seluruh tubuh.

Jadi, tertarik untuk mulai rutin melakukan pilates?

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Utama Yoga dan Pilates

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes