Mengenal Takumi, Seniman Ahli Jepang di Balik Mobil-mobil Lexus

Posted on

Mengenal Takumi, Seniman Ahli Jepang di Balik Mobil-mobil Lexus

Hasil karya Lexus Takumi

Photo :

  • Lexus

VIVA – Lexus selama ini dikenal sebagai jenama otomotif yang hadir dengan desain unik dan modern. Namun tak banyak yang tahu kalau produk premium Toyota ini dibuat dengan melibatkan sentuhan manusia ahli pada tiap desain dan pengembangan produknya.

Lexus menyebut filosofi artisan ini sebagai Takumi. Untuk menjadi Takumi tidaklah mudah. Masing-masing Takumi setidaknya wajib mengantongi 60 ribu jam pengalaman di bidangnya, dan difokuskan pada detail pembuatan mobil.

Salah satu cara unik melakukan seleksi Lexus Takumi adalah dengan tantangan 90 detik melipat dengan sangat rapi kertas origami berbentuk kucing dengan tangan yang tidak dominan.

Tercatat, hanya ada 19 orang Takumi dari 7.700 pekerja di pabrik Lexus di Miyata, Kyushu, Jepang. Para Takumi ini pula yang turut berkontribusi lahirnya mobil Lexus dengan pendekatan Nusantara.

Contoh kemampuan Takumi yang dibutuhkan adalah pembuatan grille Lexus LS yang terinspirasi dari pohon palem Indonesia. Ternyata, pembuatannya membutuhkan enam bulan untuk dikalibrasi menggunakan komputer. Hal itu disampaikan Adrian Tirtadjaja, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE, BSD, Tangerang.

Lihat Juga
  • DFSK Super Cab

    Hanya di GIIAS, Mobil Ini Bisa Dicicil Rp100 Ribu

  • Honda ADV150 meluncur di GIIAS 2019.

    Mau Kredit Skutik Honda ADV150, Segini DP dan Cicilannya

  • Booth Wuling di GIIAS 2019

    Wuling Kasih Diskon Mobilnya Rp25 Juta di GIIAS

  • Mitsubishi Outlander PHEV

    Harga Outlander PHEV Tembus Rp1,2 M, Mitsubishi ‘Jual Santai’ di GIIAS

  • Suzuki Jimny

    Wow, Semua Pembeli Suzuki Jimny Bayarnya Tunai

  • Booth Daihatsu di GIIAS 2019.

    Mobil Daihatsu Ini Disebut Sebagai Pengganti Xenia

“Lexus Indonesia mengapresiasi budaya dan craftmanship untuk menciptakan sebuah mahakarya, seperti produk Lexus. Dan Indonesia yang kaya akan budaya memberi karakter sendiri bagi image maupun pelayanan Lexus di Indonesia,” kata dia.

Sentuhan Takumi juga bisa terlihat dari produk Lexus ES, ada bagian yang dijahit dengan tangan, di mana jarak jahitan tampak seragam, lalu Lexus NX menggunakan exposed Lexus bolts di bagian konsol tengah yang terinspirasi Lexus LFA, dan dasbor Lexus UX yang punya tekstur bernama Washi dan dibuat untuk meniru butiran lembut kertas Jepang.

Selain produk roda empat, prinsip Takumi juga dihadirkan pada produk kapal pesiar mewah Lexus LY 650. Lexus berencana memproduksi yacht perdananya tersebut dengan panjang keseluruhan 65 kaki.

Kata Adrian, sentuhan craftmanship juga diperlihatkan pada booth mereka di GIIAS 2019. Lexus sendiri mengambil tempat di Hall 3A, ICE, BSD, Tangerang.

Sumber Viva