5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahap

Posted on

5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahap

5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahap www.medicalnewstoday.com

Alkohol merupakan minuman keras yang memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Mengonsumsi alkohol dapat merusak fisik maupun mental. Alkohol juga dapat menyebabkan kecanduan layaknya narkotika. Seseorang yang sudah kecanduan alkohol akan mengonsumsi alkohol 4-5 gelas per 2-3 jam sekali. Pecandu alkohol akan merasa ada yang kurang dalam dirinya jika tidak mengonsumsi alkohol.

Seseorang yang sudah kecanduan alkohol masih dapat diobati. Dibutuhkan niat yang kuat untuk dapat berhenti mengonsumsi alkohol. Selain itu, ada beberapa cara bertahap untuk mengobati seseorang yang sudah kecanduan alkohol. Berikut merupakan cara untuk mengobati kecanduan alkohol.

1. Hindari pergaulan yang salah

5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahapwww.pexels.com/Isabella Mendes

Memilih teman pergaulan merupakan hal yang sangat penting. Pergaulan yang salah dapat menyebabkan seseorang memiliki kebiasaan buruk, salah satunya ialah kecanduan alkohol. Maka dari itu, hindarilah pergaulan yang salah. Tetap berada di lingkungan yang salah akan membuat kecanduan alkohol semakin parah. Pilihlah teman pergaulan yang dapat memberikan nilai positif bagi kehidupan.

2. Melakukan kegiatan positif

5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahapgemmill.com.au

Melakukan kegiatan positif merupakan salah satu cara untuk mengobati pecandu alkohol. Melakukan kegiatan positif dapat mengisi waktu luang agar seseorang terhindar dari kecanduan alkohol. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan. Mulai dari melakukan hobi yang positif, mengembangkan bakat, hingga melakukan kegiatan bakti sosial.

Baca Juga: 7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksa

3. Melakukan pola hidup sehat

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 10 Manfaat Sit-up yang Bisa Kamu Dapatkan jika Dilakukan Konsisten
  • 7 Hal yang Mempengaruhi Bau Kentut, Jangan Sampai Busuk dan Mengganggu
  • 7 Alasan Kesehatan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Sering Pakai Earphone
5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahapevofitness.ch

Pecandu alkohol perlu melakukan pola hidup sehat untuk bisa mengobati kecanduannya. Konsumsilah makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat. Selain itu, olahraga yang rutin juga dapat membuat kebugaran tubuh terjaga. Tidak lupa untuk selalu istirahat yang cukup.

4. Detoksifikasi

5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahapwww.theclearingnw.com

Detoksifikasi merupakan penanganan medis untuk mengobati kecanduan alkohol. Detoksifikasi berguna untuk mengeluarkan zat alkohol dari dalam tubuh. Detoksifikasi dapat dilakukan di rumah sakit atau pusat terapi. Diperlukan waktu selama tujuh hari untuk melakukan proses detoksifikasi.

5. Mengonsumsi obat

5 Cara Mengobati Kecanduan Alkohol Secara Bertahapbenhxoang.vn

Mengobati kecanduan alkohol tidak hanya melakukan proses detoksifikasi saja. Pecandu alkohol juga harus mengonsumsi obat yang sudah diberikan oleh dokter. Obat ini bertujuan untuk menghilangkan zat alkohol dan mengatasi ketergantungan pada alkohol. Beberapa obat yang berguna untuk mengobati kecanduan alkohol ialah acamprosate, disulfiram dan naltrexone.

Itulah cara untuk mengobati kecanduan alkohol yang dapat dilakukan secara bertahap. Melakukan pola hidup yang benar dapat mengobati kecanduan alkohol. Selain itu, penanganan medis juga diperlukan untuk mengobati kecanduan alkohol. Tetapi tetap diperlukan niat yang kuat dari dalam hati untuk bisa berhenti mengonsumsi alkohol.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Kecanduan Narkoba sampai Sembuh Total, Menurut Ahli

Xehi Dekirty Photo Community Writer Xehi Dekirty

Live in another peaceful place

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes