Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum Terjadi

Posted on

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum Terjadi

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum Terjadi hindustantimes.com

Kardiovaskular merupakan gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini dapat terjadi dan menimpa siapapun tanpa pandang usia, jenis kelamin, dan gaya hidup. Selain itu penyakit kardiovaskular pun membutuhkan penanganan dan pengobatan yang harus diutamakan.

Ada beberapa jenis dari penyakit kardiovaskular yang paling umum terjadi dan tetap berbahaya. Jenis penyakit kardiovaskular ini dapat kita simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Penyakit jantung koroner

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum TerjadiPexels.com/Pixabay

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang paling umum terjadi pada manusia. Penyakit ini disebabkan oleh cadangan darah yang memiliki kandungan oksigen terhambat menuju ke jantung. Terhambatnya cadangan darah menuju jantung diakibatkan oleh sumbatan atau plak pada pembuluh darah arteri. 

Plak dapat terbentuk pada dinding arteri karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol dan konsumsi makanan tidak bergizi. Semakin seringnya pola hidup yang tak sehat dijalani, maka plak akan semakin menumpuk dan pembuluh darah menyempit sehingga menghambat suplay darah menuju jantung. 

Penyakit jantung koroner yang tidak ditangani secara cepat dapat menyebabkan kematian yang terjadi tiba-tiba karena serangan jantung. 

2. Stroke

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum TerjadiPexels.com/Pixabay

Stroke merupakan kondisi dimana cadangan darah yang memiliki kandungan oksigen terhambat menuju otak. Terhambatnya hal tersebut dikarenakan pembuluh darah mengalami penyumbatan atau pembuluh darah pecah. Tidak adanya cadangan oksigen dalam darah yang menuju ke otak mengakibatkan fungsi otak tidak bekerja semestinya. 

Ketika fungsi otak tidak berjalan, maka sel-sel penting dalam otak akan mati secara perlahan dan menimbulkan bahaya pada tubuh.

Penanganan yang lambat dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh, seperti penggumpalan darah di tungkai dan munculnya cairan pada rongga otak. 

Baca Juga: Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin Sehat

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Ini 10 Manfaat Sit-up yang Bisa Kamu Dapatkan jika Dilakukan Konsisten
  • 7 Hal yang Mempengaruhi Bau Kentut, Jangan Sampai Busuk dan Mengganggu
  • 7 Alasan Kesehatan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Sering Pakai Earphone

3. Deep vein thrombosis

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum TerjadiPexels.com/Pixabay

Deep vein trombosis merupakan suatu penyakit yang terjadi pada pembuluh darah vena diakibatkan oleh gumpalan darah. Gumpalan darah yang timbul ini mengakibatkan sumbatan pada peredaran darah sehingga timbul pembengkakan yang menyakitkan pada tubuh. 

Gumpalan darah pada pembuluh darah vena ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti aliran darah yang lambat, malas bergerak dan kondisi darah kental. Umumnya penyakit Deep vein trombosis ini menyerang seseorang pada usia lanjut, yakni 60 tahun keatas. 

4. Kardiomiopati

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum TerjadiPexels.com/freestocks.org

Kardiomiopati merupakan penyakit kelainan yang ada pada otot  secara struktur dan fungsi. Kardiomiopati disebabkan oleh beberapa hal, seperti kelainan genetik, kekurangan vitamin dan mineral, gangguan metabolisme, dan konsumsi alkohol berlebihan. 

Penderita kardiomiopati memerlukan penanganan dan perawatan yang khusus untuk mencegah terjadinya komplikasi yang membahayakan nyawa, seperti gagal jantung, penggumpalan darah dan gangguan katup jantung. 

5. Penyakit arteri perifer

Kenali 5 Jenis Kardiovaskuler, Penyakit Jantung yang Umum TerjadiPexels.com/Rawpixel.com

Penyakit arteri perifer merupakan penyakit dimana kondisi aliran darah menuju tungkai tersumbat karena penyempitan pembuluh darah yang berasal dari arteri. Penyumbatan ini mengakibatkan tungkai terasa sakit ketika berjalan. Penyakit ini diakibatkan oleh lemak yang menumpuk sehingga pembuluh darah menjadi menyempit dan tersumbat. 

Agar terhindar dari penyakit ini, ubahlah gaya hidup yang tidak sehat menjadi sehat. Lakukan olahraga rutin dan konsumsi makanan yang kaya akan gizi dan serat. Selain itu, pencegahan ini bertujuan agar seseorang tercegah dari serangan jantung dan stroke. 

Kelima jenis penyakit kardiovaskular di atas memang sering terjadi pada seseorang. Meski begitu kamu tidak boleh menyepelekan dan penyakit ini masih tetap berbahaya bagi tubuh. Segerakan periksa pada dokter untuk menghindari segala jenis penyakit yang membahayakan ya! 

Baca Juga: Tampak Sepele, Ini 7 Gejala Serangan Jantung yang Umum Dialami Wanita 

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes