6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambut

Posted on

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambut

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambut ayushology.com

Nama kemiri pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Hal yang sangat wajar mengingat bumbu dapur yang satu ini sering dijadikan minyak untuk rambut, sehingga rambut kelihatan tebal, berkilau, dan sehat. Tidak berhenti sampai disitu, kemiri yang sudah diolah ternyata memiliki segudang menfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Apa sajakah manfaatnya?

1. Ampuh atasi insomnia

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambutunsplash.com/Matthew T Rader

Bagi penderita insomnia, cobalah konsumsi kemiri agar tidurmu menjadi lebih nyenyak di malam hari. Kandungan melatonin yang terdapat di dalam kemiri terbukti ampuh untuk mencegah stres, sehingga pikiran jadi lebih tenang dan rileks. Dengan demikian, tubuh pun akan cepat tertidur.

2. Melancarkan pencernaan

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambutdrhoffman.com

BAB sedang tak lancar? Jangan khawatir, kemiri akan membantumu melancarkan pencernaan. Kemiri memiliki kandungan serat tinggi yang secara otomatis akan kembalikan kelancaraan pencernaan seperti sedia kala. Kamu bisa campurkan kemiri ke dalam makananmu, lalu dikonsumsi deh!

3. Cegah penyakit jantung

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambutunsplash.com/Robina Weermeijer

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit jantung. Untungnya, konsumsi kemiri secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan potasium yang terdapat di dalamnya juga sangat membantu menormalkan tekanan darah. Bila diimbangi dengan gaya hidup sehat, maka risiko penyakit jantung pun dapat berkurang.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasa

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Cuma Lewat Pusar Aja, 7 Penyakit Ini Bisa Diobati Secara Alami loh!
  • Ini 7 Penyebab Tekanan Darah Rendah atau Hipotensi yang Paling Umum
  • 8 Bahaya Rokok Elektrik atau Vape bagi Kesehatan, Apakah Karsinogenik?

4. Obat untuk sariawan

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambutapollowhitedental.com

Salah satu bagian dari kemiri, yaitu batangnya juga ampuh untuk atasi sariawan. Getah di dalam batangnya bisa kamu campurkan dengan sedikit santan, lalu oleskan sedikit demi sedikit ke titik sariawan. Lakukan secara teratur dan lihat khasiatnya.

5. Menguatkan tulang dan sendi tubuh

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambutunsplash.com/Olenka Kotyk

Kemiri mengandung fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan sendimu, lho! Selain itu, terdapat pula kandungan kalium, seng, selenium, dan tembaga walaupun jumlahnya sedikit saja. Bagi kamu yang punya masalah tentang tulang, seperti rasa nyeri pada tulang atau sendiri, sebaiknya konsumsi kemiri secara teratur. Alhasil, tulangmu pun jadi lebih sehat dan kuat.

6. Obat sakit gigi alami

6 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan, Tak Hanya untuk Rambutverywellhealth.com

Selain mengobati sariawan, getah pada batang kemiri juga ampuh atasi sakit gigi. Mekanisme penyembuhannya hampir sama, tapi kamu tidak perlu mencampurkan getah kemiri dengan santan. Cukup oleskan getahnya langsung ke gigi yang sakit, lalu tunggu selama beberapa menit hingga rasa nyerinya terasa ringan.

Melihat manfaat kemiri yang bervariasi, tertarik untuk mengonsumsinya secara teratur?

Baca Juga: 5 Manfaat Fenugreek Untuk Kesehatan, Si Rempah Penyedap Kari

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes