Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin Sehat

Posted on

Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin Sehat

Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin Sehat Unsplash.com/ChristineSiracusa

Jantung merupakan organ tubuh yang amat sangat vital dalam kehidupan semua manusia. Kita semua tak akan mungkin bisa hidup normal tanpa organ yang bernama jantung ini.

Namun, belakangan ini banyak orang yang dikabarkan terkena penyakit jantung atau meninggal karena serangan jantung. Lalu, bagaimana sih caranya agar jantung kita tetap sehat?

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah makanan kamu. Sudah tahu makanan apa saja yang dapat meningkatkan kesehatan jantung? Berikut daftarnya.

1. Beras Merah

Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin SehatUnsplash.com/FreeToUseSounds

Beras merah jauh lebih baik ketimbang beras putih biasa karena kandungan nutrisi yang lebih banyak dengan kalori yang lebih sedikit. Beras merah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL), yang menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Tak hanya itu, beras merah juga mengandung anthocyanin yang terbukti dapat mencegah penyakit jantung dan memiliki sifat anti inflamasi (peradangan). Selain itu, beras merah juga cocok dikonsumsi bagi penderita obesitas dan diabetes. 

2. Avokad

Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin SehatUnsplash.com/Charles

Avokad merupakan buah yang mengandung banyak manfaat sehat seperti asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung, sebab mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Tak cukup sampai di situ, avokad juga kaya akan nutrisi dan kalium yang juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Tampak Sepele, Ini 7 Gejala Serangan Jantung yang Umum Dialami Wanita 

3. Ikan salmon

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!
  • Tidak Hanya Satu, Ini 7 Jenis Jerawat dan Penyebabnya yang Paling Umum
  • 5 Gerakan Senam Wajah Ini Manfaatnya Setara Operasi Kecantikan, Gengs!
Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin SehatUnsplash.com/CarolineAttwood

Ikan salmon dikenal sebagai salah satu ikan paling sehat di dunia. Kandungan asam lemak omega-3, vitamin B12, kalium, dan nutrisi lainnya membuat salmon menjadi primadona masyarakat.

Omega-3 dan 6 yang terkandung pada salmon menyatu dengan kalium dan sangat berguna bagi kesehatan jantung karena dapat mengurangi peradangan arteri, menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), dan tekanan darah.

Mengonsumsi salmon secara rutin juga dapat mencegah penyakit aritmia, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

4. Sayuran hijau

Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin SehatUnsplash.com/V2osk

Sayuran hijau seperti sawi, kangkung, dan lainnya ternyata mampu mencegah penyakit jantung lho! Hal itu disebabkan karena kandungan sayuran hijau sangat kaya akan mineral, vitamin dan antioksidan yang merupakan sumber dari vitamin K, dan berfungsi untuk melindungi arteri serta meningkatkan pembekuan darah yang tepat sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kacang kenari

Coba! Ini 5 Makanan yang Bisa Buat Jantung Kita Makin SehatUnsplash.com/TomHermans

Kacang kenari disebut-sebut mampu mencegah penyakit jantung karena kemampuannya untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat(LDL) dalam tubuh. Kacang kenari mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) hingga 16% dan mampu menurunkan tekanan darah diastolik hingga 2-3 mm Hg. D

engan demikian, jika kamu rutin mengonsumsi kacang kenari maka kesehatan jantungmu dapat terjaga.

Itulah kelima makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Rajin-rajinlah mengonsumsinya untuk mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyakit Jantung bagi Penderita Diabetes

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes