Cek Kesehatan Setahun Sekali walau Merasa Sehat

Posted on

Cek Kesehatan Setahun Sekali walau Merasa Sehat
Jaga Pola Hidup Sehat, Mahasiswa Gelar Cek Darah di CFD

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang merasa memiliki tubuh sehat tetap juga perlu memeriksakan kesehatan sekitar setahun sekai. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui kondisi tubuh.

“Secara umum yang diperiksa untuk mengetahui atau deteksi dini adanya risiko penyakit jantung koroner, diabetes, gagal ginjal,” kata dokter penanggung jawab laboratorium RS St Carolus Jakarta, Dr Bettia M Bermawi SpPK di Jakarta, Selasa (9/7/2019) seperti dikutip Antara.

Baca Juga

  • Hasil Tes Kesehatan Sopir dan Penjaga Warung di Terminal Arjosari Malang

Selain itu juga diperlukan pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui hematologi, kadar hemoglobin, leukosit, dan trombosit dalam darah. Pemeriksaan tersebut dianjurkan bagi orang sehat paling sedikit setahun sekali untuk memantau kondisi tubuh.

 

Pemeriksaan kesehatan itu juga berfungsi untuk menentukan asupan makan yang diperlukan atau dihindari, perbaikan pola hidup, dan perbaikan lainnya pada tubuh mengacu pada hasil pemeriksaan kesehatan.

Jika seseorang memiliki masalah kesehatan mala dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan jenis lainnya sesuai yang dikonsultasikan oleh dokter.

Bettia mengemukakan kesadaran masyarakat terhadap pemeriksaan kesehatan juga mulai tumbuh dewasa ini. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Salah satu poin Germas adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk pencegahan penyakit tidak menular.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

Sumber Artikel Liputan 6