5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!

Posted on

5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!

5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit! pixabay.com/congerdesign

Manfaat jahe dan kunyit sudah tidak diragukan lagi, terutama untuk bahan dasar masakan. Kedua manfaat rempah-rempah ini ternyata juga sangat berkhasiat bagi kesehatan apabila rutin mengonsumsi setiap pagi yang berfungsi sebagai obat untuk menangkal berbagai jenis penyakit.

Meminum campuran air teh hangat dengan jahe dan kunyit ini menjadi salah satu obat alternatif untuk kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan merebus akar jahe dan akar kunyit yang dicampurkan ke dalam air panas. Berikut lima manfaat Jahe dan kunyit untuk kesehatan.

1. Melindungi kesehatan jantung

5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!pixabay.com/pexels

Ekstrak jahe dan kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol yang bertanggung jawab terbentuknya plak di arteri dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi teh jahe dan kunyit setiap hari, kamu akan terlindungi dari serangan jantung.

2. Mengurangi gula darah

5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!pixabay.com/rawpixel

Jahe dan kunyit juga mampu mengatur gula darah. Teh jahe dan kunyit ini sangat efektif untuk mengelola gejala diabetes. Dengan menjaga kadar glukosa dan insulin seimbang, teh jahe dan kunyit ini mencegah lonjakan berbahaya dan penurunan gula darah

Baca Juga: 5 Manfaat Menakjubkan Klorofil Sayuran untuk Kesehatan Tubuh

3. Perawatan untuk kulit

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Waspadai 7 Macam Bau Berbahaya yang Biasa Kamu Cium di Rumah Ini!
  • Tidak Hanya Satu, Ini 7 Jenis Jerawat dan Penyebabnya yang Paling Umum
  • 5 Gerakan Senam Wajah Ini Manfaatnya Setara Operasi Kecantikan, Gengs!
5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!pexels.com/Ximena Mora

Teh jahe dan kunyit mengandung gingerol yang berubah menjadi senyawa antibakteri dan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi kulit dari infeksi. Selain itu, minuman ini juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti flek hitam ataupun keriput.

4. Mengurangi nyeri sendi

5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!pexels.com/rawpixel.com

Jahe dan kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang kuat. Itu berarti, mengonsumsi minuman jahe dan kunyit dapat membantu meredakan nyeri sendi atau otot-otot dan jaringan tubuh lainnya.

5. Meningkatkan kekebalan

5 Manfaat Jahe & Kunyit, Bisa Cegah Banyak Penyakit!pexels.com/Li Sun

Di dalam jahe dan kunyit mempunyai sifat antijamur, antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu menambah daya kekebalan tubuh. Meminum teh jahe kunyit adalah solusi yang tepat jika sedang terkena flu dan batuk.

Itulah lima manfaat yang bisa kalian dapatkan saat rutin mengonsumsi minuman jahe dan kunyit ini. Selain bermanfaat bagi kesehatan, juga baik untuk mencegah berbagai penyakit lho.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hitam bagi Kesehatan, Gak Hanya Bikin Kurus!

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes