5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahui

5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahui chinatown.co.uk

Bakcang adalah makanan yang terkenal dari Cina, tak hanya itu, makanan ini juga mengenyangkan banyak orang. Bakcang sendiri di santap di acara tahun baru Imlek. Ciri khas dari bakcang ini adalah nasi ketan yang menyelimuti isi dari bakcang berbentuk segitiga.

Namun, bakcang juga terkenal dengan legendanya yang unik! 

Inilah 5 fakta unik mengenai bakcang! 

1. Bakcang di buat 2,300 tahun lalu

5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahuichinatown.co.uk

Berdasarkan kutipan dari Chinatown, bakcang di buat untuk menghormati sang pahlawan Qu Yuan. Qu Yuan melayangkan peringatan kepada sang raja dimasa dinasti Chu ketika dinasti Qin akan menyerang daerah mereka. 

Namun sayang, usaha itu tidak tercapai, dan Qin berhasil merebut daerah Chu. Qu Yuan yang kecewa dengan dirinya sendiri pun melemparkan dirinya ke dalam sungai Miluo. Berdasarkan kutipan University of Missouri, bakcang adalah simbol keberanian Qu Yuan yang rela mengorbankan dirinya. 

2. Simbol penghormatan

5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahuifollowcn.com

Di kutip oleh Broadcast of China, dan University of Missouri, bakcang sendiri dibuat untuk menghormati tubuh Qu Yuan yang tidak dapat di temukan di dalam sungai. 

Orang Cina percaya pentingnya tubuh seseorang ketika sudah tiada. Hal ini juga di percayai bahwa tubuh adalah peninggalan orang tua, dan betapa pentingnya menjaga peninggalan orang tua.

3. Makanan tetap dragon boat festival

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 8 Manfaat Buah Mangga Untuk Kecantikan dan Kesehatan 
  • 7 Makanan Favorit Ini Punya Hari Perayaannya Sendiri Lho, Unik Banget!
  • 10 Makanan yang Tahan Lama Tanpa Masuk Kulkas, Cocok buat Anak Kost!
5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahuitime.com

Berdasarkan TIME, dan China Town bakcang adalah makanan yang di santap pada ajang dragon boat festival. Festival ini melambangkan ketika banyaknya orang-orang yang menjadi sukarelawan mencari tubuh Qu Yuan di sungai Milou.

Para suka relawan itu membuat bakcang dan di masukan di sungai, agar tubuh Qu Yuan tidak di makan ikan, sekaligus memberikan makanan kepada roh dari Qu Yuan. 

Namun orang Cina percaya bahwa festival ini juga dapat mengusir roh-roh jahat lainnya. Dan bakcang pun di santap sebelum pertandingan agar dapat melindungi mereka selama festival.

Baca Juga: 7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksa

4. Proses pembuatan bakcang

5 Fakta Unik Sejarah Bakcang yang Harus Kamu Ketahuichinatown.co.uk

Proses pembuatan bakcang ini juga beragam. Bakcang dapat di goreng atau di kukus, dikutip oleh My Asia Journey. Proses pembuatan bakcang sendiri cukup memakan waktu hingga beberapa jam. Sehingga saat dragon boat festival, orang wajib memesan bakcang terdahulu, karena bakcang cukup menghabiskan waktu.

5. Bakcang di berbagai negara

https://www.youtube.com/embed/w-cAPblSVys

Bakcang juga dapat di temukan di berbagai negara lain, seperti Myanmar, dan Thailand, sebagai mana di kutip oleh China Town. Isi dari bakcang ini juga telah di adaptasi di negara-negara tersebut dikutip oleh TIME. Bakcang sendiri juga bisa di santap sebagai pencuci mulut dengan isi kacang merah, dan bisa di santap sebagai makanan pokok dengan daging.

Dan itulah sejarah, dan fakta unik mengenai bakcang! Ada yang suka?

Baca Juga: 5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!

Belinda Belinda Photo Community Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes