Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk Kesehatan

Posted on

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk Kesehatan

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk Kesehatan Pexels.com/pixabay

Boxing merupakan salah satu cabang olahraga tarung. Olahraga ini sangat bertumpu pada kecepatan dan ketangkasan tangan atletnya dalam melesatkan serta menangkis pukulan. Selain itu, boxing juga membutuhkan kejelian mata sang atlet untuk mendeteksi arah pukulan lawan guna menghindari atau menangkisnya secepat mungkin.

Karena selalu menekankan pada kecepatan tangan dan kejelian mata, olahraga boxing membuat seseorang mempunyai refleks yang sangat baik. Sejatinya boxing sama dengan olahraga lainnya yaitu bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memperbaiki kesehatan kardiovaskular

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk KesehatanPexels.com/pixabay

Olahraga boxing membawa pengaruh baik pada kesehatan kardiovaskular. Hal ini disebabkan karena boxing termasuk dalam kategori olahraga tarung. Seseorang yang menggeluti boxing akan mendapatkan latihan kardio dimana ia memiliki kondisi jantung dan paru-paru yang baik untuk menghadapi pertandingan yang sarat akan tekanan. Seiring berjalannya waktu, latihan dan pertarungan performa kardio orang yang menggeluti boxing akan semakin bagus.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh secara total

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk KesehatanPexels.com/cesargaleao

Gerakan-gerakan dalam olahraga boxing merupakan penyebab utama peningkatan kekuatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini terjadi karena selama melakukan olahraga ini seseorang melibatkan pergerakan seluruh bagian tubuhnya baik bagian atas, tengah maupun yang bawah. Selain itu, gym boxing secara umum juga memberi latihan-latihan yang penting untuk ketahanan seperti push up, sit up, squat dan latihan lainnya. Jadi, dengan melakukan olahraga ini secara rutin, seseorang akan mengalami peningkatan kekuatan tubuh secara total.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 13 Cara Punya Anak Kembar, Gak Perlu Punya Garis Keturunan Sebelumnya!
  • 7 Penyebab Hepatitis yang Perlu Kamu Tahu, Ayo Cegah Sebelum Mewabah!
  • Haruskah Mencuci Baju Baru Sebelum Dipakai? Ini Penjelasan Medisnya!

3. Menghilangkan stres

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk KesehatanPexels.com/matheusbertelli

Latihan boxing juga sangat membantu upaya seseorang untuk terhindar dari stres. Ketika latihan boxing atau bertarung, seseorang akan memfokuskan kekuatan fisik maupun mentalnya untuk memukul dan bersiap untuk menghindari atau menangkis pukulan lawan. Hal ini secara tidak langsung membuat seseorang melupakan tekanan-tekanan yang ada dalam pikirannya. Lalu pada saat jeda, seseorang tersebut akan berusaha untuk menjadi se-rileks dan sesiap mungkin melanjutkan pertarungan pada ronde selanjutnya. Selain itu, olahraga ini sangat menguras energi seseorang sehingga terjauh dari gangguan pola tidur.

4. Meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk KesehatanPexels.com/brunobueno

Seseorang yang menggeluti olahraga boxing pasti sangat akrab dengan speed bag (sebuah perlengkapan latihan yang memantul dengan cepat setiap kali dipukul). Pantulan speed bag yang sangat cepat dapat melatih kecepatan mata serta ketepatan pukulan yang dilayangkan oleh boxer. Selain itu, salah satu latihan yang ada dalam boxing ini juga mempertajam insting petarung untuk mengamati dan kapan saat yang tepat untuk menyerang.

5. Membuat bentuk tubuh menjadi lebih baik

Bertumpu Kecepatan & Ketangkasan, Ini 5 Manfaat Boxing untuk KesehatanPexels.com/pixabay

Manfaat boxing selanjutnya adalah memperbaiki bentuk tubuh. Olahraga boxing terdiri dari gerakan yang mengkombinasikan antara pembentukan otot dan gerakan kardio yang membakar kalori. Jadi, jika seseorang mengikuti olahraga boxing dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, maka ia akan mendapat manfaat yang banyak, dan salah satunya mempunyai bentuk tubuh yang bagus.

Gutschreiben Photo Community Writer Gutschreiben

Suka ngopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes