Intip, 4 Tips Merapikan Kamar Usai Libur Panjang Lebaran

Posted on

Intip, 4 Tips Merapikan Kamar Usai Libur Panjang Lebaran
Tempat Tidur

Liputan6.com, Jakarta Sepulang dari mudik dan libur Lebaran, tak ada salahnya bersih-bersih rumah, terutama merapikan kamar tidur. Membersihkan kamar tidur bisa menjadi pintu gerbang agar tidur menjadi lebih berkualitas.

“Kamar yang kotor dikaitkan dengan peningkatan kortisol dan tingkat stres. Jadi itu jelas bukan sesuatu yang Anda inginkan di tempat tidur,” kata ahli decluterring (ahli merapikan rumah) Tracy McCubbin, dikutip dari Mind and Body Green,┬áRabu (12/6/2019).

Baca Juga

  • Selain Ingatan Tajam dan Tak Gampang Stres, Ini 6 Manfaat Tidur
  • Waspadai 8 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Sebabkan Rasa Cemas
  • Catat, Ini Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Bagi orang yang menderita kecemasan dan insomnia ternyata merapikan kamar tidur punya manfaat besar. Tidur jadi lebih nyenyak. Berikut ini cara merapikan kamar tidur beserta manfaat kesehatannya.

1. Ganti dengan barang yang nyaman

Pendiri New Minimalism di San Francisco, Kyle Quilici mengatakan, Anda harus memulai merapikan benda-benda yang Amda lihat ketika tidur.

“Apa yang Anda lihat ketika Anda tidur di kamar? Hal-hal yang tidak menenangkan di dalam kamar tidur, seperti meja yang berantakan, monitor komputer atau televisi kotor, kalender atau peralatan olahraga. Semua barang ini mengganggu ketenangan tidur,” kata Kyle. Sebagai gantinya, pilihlah karya seni atau foto lain.”

2 dari 4 halaman

Rapikan Buku

2. Rapikan buku

“Jika Anda termasuk orang yang senang membaca banyak buku sekaligus, bagus untuk Anda! Namun, jika Anda tidak aktif membaca, saatnya mengembalikannya ke rak buku,” kata McCubbin.

3. Pindahkan barang dari kamar tidur

“Kamar tidur Anda bukan lemari arsip. Semakin sedikit barang di kamar tidur, semakin sedikit hormon stres yang akan muncul. Anda semakin mudah tidur di malam hari,” McCubbin menambahkan.

Jika barang-barang di kamar tidur bisa dipindahkan ke ruangan lain, maka lebih baik simpan saja di sana. Hal ini memudahkan Anda tidur.

3 dari 4 halaman

Singkirkan Barang dari Bawah Tempat Tidur

4. Singkirkan barang dari bawah tempat tidur

Sebagian besar dari kita mungkin menggunakan ruang di bawah tempat tidur sebagai tempat penyimpanan. Hal tersebut memengaruhi

“Benda-benda di bawah tempat tidur dapat mewakili dan menciptakan blok alam bawah sadar dalam hidup,” kata arsitek interior dan perancang feng shui, Anjie Cho. “Anda menghabiskan berjam-jam hidupmu di tempat tidur. Sebagian besar waktu ini dihabiskan dalam kondisi tidur pasif, yang mana Anda sangat terpengaruh dan menyerap energi di sekitarmu.”

Ahli feng shui lain, Marianne Gordon melihat banyak klien menaruh barang di bawah tempat tidur.

“Aku punya klien yang menyimpan semua berkas pajaknya dari 15 tahun di bawah tempat tidurnya. Coba tebak apa yang dia keluhkan? Tagihan, tenggelam dalam urusan administrasi, dan segala macam masalah pajak,” ujar Marianne.

Begitu ia menghapus berkas pajaknya dari bawah tempat tidurnya akhirnya ia merasa beristirahat dengan tenang dan menghasilkan lebih banyak uang dengan bisnisnya secara lancar.

“Lakukan yang terbaik untuk membuat kamar tidur bersih. Taruh selimut yang lembut dan bersih,” tambah Marianne.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Sumber Artikel Liputan 6