8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!

Posted on

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu! k.sina.com.cn

Tulang mulai melemah saat kita bertambah tua. Wanita paruh baya paling banyak mengalami masalah tulang. Itulah sebabnya ahli gizi menyarankan untuk memasukkan makanan yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Kadar nutrisi yang memadai akan melindungi tulang kita dari terjerumus ke masalah tulang yang umum namun melemahkan seperti osteoporosis.

Ahli gizi menyarankan bahwa diet seimbang yang sarat dengan kalsium dan vitamin dapat mencegah osteoporosis secara signifikan. Terlepas dari ini, kita juga dapat mengurangi gejala kerusakan tulang melalui berbagai bahan alami sebagai berikut.

1. Biji wijen hitam

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!yupik.ca

Kita bisa mendapatkan vitamin D dalam jumlah sedang dari biji wijen hitam. Vitamin ini penting dalam hal kepadatan tulang. Selain itu, kita dapat mengonsumsi biji wijen hitam yang dihancurkan dan dipanggang lalu ditambahkan dalam segelas susu untuk mengatasi gejala yang berhubungan dengan osteoporosis. Perlu diketahui bahwa biji wijen hitam juga banyak digunakan dalam suplemen untuk mengobati berbagai gangguan tulang.

2. Pisang

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!hindustantimes.com

Memasukkan pisang dalam makanan sehari-hari dapat memberikan kita jumlah kalium yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Penelitian telah membuktikan bahwa wanita tua lebih rentan terhadap masalah tulang pinggul dan tulang belakang.

Karena itu, mereka membutuhkan dosis kalium yang teratur. Ahli gizi juga menyarankan bahwa mengkonsumsi potasium yang diperkaya pada tahun-tahun awal kehidupan dapat mencegah resiko osteoporosis pada usia paruh baya.

Baca Juga: 5 Manfaat Jintan Hitam yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

3. Produk kedelai

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!smallfootprintfamily.com

Jika kita belum memasukkan produk kedelai ke dalam makanan, kita harus memilihnya sekarang. Produk kedelai adalah pilihan yang aman dan alami untuk mengembalikan kepadatan tulang. Ketika tubuh kita menerima kedelai secara teratur, itu menyeimbangkan tingkat estrogen dalam tubuh. Oleh karena itu, produk kedelai bisa menjadi sumber alami untuk mengurangi risiko osteoporosis.

4. Teh dandelion

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!healthyfocus.org

Tidak akan salah untuk mengklaim bahwa menyeruput teh dandelion hangat dapat memperbaiki kondisi tulang kita yang melemah. Teh dandelion mengandung potasium dan nutrisi lain yang berfungsi untuk memperkuat tulang. Kita dapat mengonsumsi 2-3 cangkir teh dandelion yang dibuat dengan daun dandelion segar dalam sehari untuk menuai manfaatnya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Benda di Restoran dengan Bakteri Terbanyak, Jangan Lupa Cuci Tangan
  • 5 Hal untuk Mengurangi Stres, Sederhana Namun Kamu Membutuhkannya!
  • 7 Hal Mengejutkan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker, Yuk Dihindari!

5. Yogurt

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!splendidtable.org

Yogurt mengandung kandungan kalsium tinggi yang penting untuk didapatkan setiap hari. Ahli gizi merekomendasikan setidaknya satu porsi yogurt dalam sehari untuk menjaga kepadatan tulang.

Yogurt juga merupakan sumber yang aman untuk menuai kalsium bagi orang-orang dengan intoleransi laktosa. Mengkonsumsi yogurt tidak diragukan lagi merupakan cara yang lezat untuk mengatasi masalah tulang tanpa mengganggu kesehatan kita.

6. Apel

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!kitchenhow.com

Sebuah apel dapat melakukan lebih banyak dari yang kita pikirkan. Buah ini mengandung nutrisi penting seperti boron. Zat tersebut adalah mineral utama yang membantu tubuh kita menyerap kalsium untuk memperkuat tulang. Oleh karena itu, mengunyah beberapa apel segar yang lezat dapat mencegah risiko terkena osteoporosis.

7. Susu dan keju

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!telegraph.co.uk

Susu, keju, dan produk susu lainnya adalah sumber kalsium. Kita juga bisa mendapatkan banyak vitamin D dan vitamin K dari mereka. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kadar kalsium, vitamin D dan vitamin K yang memadai dapat mencegah tubuh kita terjerumus ke penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti osteoporosis bersama dengan berbagai gangguan tulang.

Itulah sebabnya ahli gizi mendorong orang untuk mengonsumsi satu gelas susu setiap hari dan 3-4 porsi keju maupun produk susu lainnya dalam seminggu. Ketika dikonsumsi secara teratur, fungsi nutrisi ini meningkatkan kepadatan tulang.

8. Brokoli

8 Bahan Alami untuk Mencegah Osteoporosis, Perkuat Tulangmu!simplyrecipes.com

Seperti buah-buahan dan produk susu, kita perlu memasukkan sayuran tertentu ke dalam makanan juga. Kita akan terkejut mengetahui bahwa sayuran hijau seperti brokoli dapat menyediakan vitamin K dan kalium.

Mengonsumsi hanya satu porsi brokoli sudah cukup untuk menjaga kepadatan tulang. Selain itu, vitamin K dan kalium tidak hanya akan mencegah timbulnya osteoporosis, tetapi senyawa ini dapat membantu mencegah berbagai patah tulang juga.

Osteoporosis dapat merusak kesehatan kita dalam jangka panjang. Dan kita harus mengambil tindakan untuk mencegah timbulnya penyakit. Berbagai bahan alami tadi dapat membantu meningkatkan kondisi kita.

Baca Juga: Jaga Sejak Dini, Lakukan 5 Cara Ini untuk Memelihara Kesehatan Tulang!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes