6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis 

Posted on

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis 

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis  instagram.com/konoba_vrisnik

Kroasia, negara yang terletak di kawasan Mediterania ini ternyata memiliki banyak keunikan yang sering terlupakan. Negara yang pernah dilanda perang ini kini jadi salah satu tujuan wisata favorit di Eropa, apalagi setelah timnas Kroasia berhasil lolos ke final Piala Dunia 2018. 

Selain keindahan alamnya yang asri, negara ini terkenal dengan panganan lautnya yang eksotis. Berikut beberapa seafood-nya yang sangat direkomendasikan. 

1. Crni rizot

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis instagram.com/foodphotoneeds

Jika diterjemahkan secara harfiah, crni rizot berarti risoto hitam. Warna hitam pada risoto diambil dari tinta cumi. Selain cumi, biasanya risoto ini disajikan bersama beberapa jenis kerang, udang, dan sayuran pelengkap lainnya.

2. Buzara

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis instagram.com/susan.k77

Buzara seyogyanya adalah tumis kerang hitam yang citarasanya asam dan gurih. Beberapa resto menyajikannya bersama udang besar. Kuahnya juga mengandung anggur dan bawang yang dimasak hingga menyerap ke dalam kerang. Hidangan ini biasanya disantap bersama roti renyah sebagai sumber karbohidrat.

Baca Juga: 5 Makanan Fermentasi dari Seafood di Berbagai Negara, Udah Coba?

3. Brodetto

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis .instagram.com/adanilaura
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 11 Kreasi Macaron Ini Bikin Auto Gak Tega Mengunyahnya
  • Resep dan Cara Membuat Churros ala Masterchef Indonesia, Enak Banget!
  • Resep dan Cara Membuat Fuyunghai yang Enak, Mirip Kayak di Restoran

Mirip dengan buzara, brodetto sebenarnya juga sebuah seafood stew yang berisikan udang, ikan, dan kerang. Bedanya sausnya lebih berlimpah dan kental dengan tambahan pasta tomat. Kalau buzara lebih kering seperti tumisan, brodetto terasa lebih soupy. 

4. Hobotnica ispod peke

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis instagram.com/foodwithpero

Daging ikan, gurita, kentang, dan sayuran lain ditata dalam loyang kemudian dioven dengan oven tradisional yang menggunakan bahan bakar arang. Biasanya ini kamu temukan dalam metode pembuatan pizza, namun di Kroasia oven ini digunakan untuk memasak seafood. 

5. Gregada

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis instagram.com/marija_3008

Gregada pada dasarnya adalah sup ikan dan udang yang dimasak dengan anggur putih, daun parsley, bawang, biji caper, teri asin, dan kentang. Masakan ini sangat khas Pulau Hvar, tetapi sangat populer dan bisa kamu temui di banyak resto di Kroasia. 

6. Oily Fish

6 Seafood Eksotis Asal Kroasia yang Jadi Langganan Para Turis instagram.com/whatscookingemmy

Ikan yang populer untuk masakan ini adalah sarden, tuna, makarel, hingga ikan teri. Ikan kemudian dipisah dari tulang dan diberi bumbu minyak zaitun dan beberapa bumbu lainnya. Cita rasanya asin gurih seperti sarden tanpa saus tomat. Disajikan segar, sehat, dan bergizi. 

Tak lengkap rasanya liburan ke Kroasia kalau tidak mencoba paling tidak satu menu seafood di atas. Jangan sampai terlewat! 

Baca Juga: 8 Kuliner Para Raja di Nusantara yang Kini Bisa Dinikmati Semua Orang

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes