5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Posted on

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Jahat schwartz.co.uk

Ikan tenggiri yang merupakan kerabat dekat dari ikan-ikan jenis tuna, tongkol, kembung, makerel, dan madidihang. Seperti yang kita ketahui bahwa pemanfaatan ikan ini seringkali dikonsumsi untuk pembuatan makanan seperti siomay, pempek, dan kerupuk.

Kelezatan dari ikan ini pun terasa cukup populer. Di balik cita rasanya yang lezat, sudahkah kamu mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya? Simak manfaat baik dan sehat yang dapat kita temukan dari ikan tenggiri.

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol JahatPexels/rawpixel.com

Kolesterol menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang untuk mengonsumsi berbagai jenis daging. Meski begitu, kolesterol tidak selalu menyeramkan selama kadar yang terkandung masih dalam tahap yang wajar dan normal. Jika kamu takut kadar kolesterol jahat akan naik, maka hindari mengonsumsi jeroan dan beralih kepada ikan tenggiri. Ikan yang berasal dari perairan asin ini memang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Berdampak pada kecerdasan

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol JahatPexels/Pixabay

Banyak sekali yang menyarankan ibu hamil maupun anak-anak untuk mengonsumsi ikan secara rutin agar mampu meningkatkan kualitas kognitif. Hal tersebut memang benar adanya, termasuk melalui konsumsi ikan tenggiri yang memiliki kandungan omega-3 sehat yang bermanfaat bagi kecerdasan kognitif pada anak.

3. Memberikan kesehatan pada mata

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol JahatUnsplash/Alexandru Zdrobău
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Benda di Restoran dengan Bakteri Terbanyak, Jangan Lupa Cuci Tangan
  • 5 Hal untuk Mengurangi Stres, Sederhana Namun Kamu Membutuhkannya!
  • 7 Hal Mengejutkan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker, Yuk Dihindari!

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata sebagai indra paling krusial dalam kehidupan kita. Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat, maka perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti halnya ikan tenggiri. Selain itu, mengonsumsi ikan tenggiri juga dapat dibarengi dengan konsumsi beberapa makanan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

Baca Juga: Selain Pempek, 5 Olahan Ikan Tenggiri Ini Gak Kalah Enak

4. Ampuh untuk hilangkan ketombe

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol JahatPexels/Element5 Digital

Selain bermanfaat bagi kesehatan dari dalam tubuh, ternyata ikan tenggiri juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Manfaat yang didapatkan adalah ampuh dalam menghilangkan ketombe. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghaluskan daging ikan tenggiri terlebih dahulu, kemudian mencampurkannya dengan lidah buaya halus dan aduk hingga bercampur menjadi satu. Setelah dirasa cukup, gunakan campuran tersebut pada rambut dan tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan.

5. Kaya vitamin

5 Manfaat Ikan Tenggiri, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol JahatPexels/Pixabay

Ikan memang merupakan salah satu jenis dan sumber makanan yang memiliki segudang manfaat bagi yang mengonsumsinya. Pada ikan tenggiri, terdapat beberapa vitamin baik seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1 yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, lima manfaat dari mengonsumsi ikan tenggiri di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli atau mencoba ikan jenis ini. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Lele yang Perlu Kamu Tahu

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes