10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadai

Posted on

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadai

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadai express.co.uk

Kanker ini bermula di jaringan pankreas, salah satu organ berbentuk buah pir yang terletak di bagian bawah perut. Sel-sel di pankreas kamu mulai berkembang biak di luar kendali dan menciptakan massa, yang menghasilkan tumor kanker. Kanker pankreas dapat merusak 2 fungsi utama pankreas kamu, yaitu: mensekresi enzim yang membantu pencernaan dan insulin yang membantu pemrosesan gula tubuh kamu.

Kanker pankreas biasanya terjadi setelah usia 45 tahun, meskipun mungkin juga bisa juga terjadi pada orang yang lebih muda.

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker pankreas, tetapi faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko. Faktor-faktor tersebut termasuk peradangan kronis pankreas kamu (pankreatitis), obesitas, diabetes, mutasi gen bawaan, merokok berlebihan, dan riwayat kanker dalam keluarga.

Artikel ini akan menunjukkan 10 gejala awal kanker pankreas yang biasanya terjadi pada manusia. Artikel ini mencantumkan tanda-tanda peringatan yang harus kamu perhatikan untuk mengobati kanker ini tepat waktu sebelum terlambat. Namun, ini tidak dimaksudkan untuk memberikan saran medis dan semata-mata untuk tujuan informasi. Terus baca artikel ini untuk lebih memahami.

1. Nyeri punggung bawah dan perut

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaipracto.com

Nyeri punggung dan perut  juga dianggap sebagai salah satu gejala awal kanker pankreas pada manusia. Secara umum, kamu akan merasakan sakit yang tajam di perut bagian atas yang secara bertahap menjalar ke punggung kamu. Rasa sakit ini sering lebih parah pada malam hari dan akan sedikit lega dengan cara membungkuk ke depan.

Sakit nyeri perut ini dapat terjadi akibat peningkatan ukuran tumor, metastasis kelenjar getah bening, invasi kapsul pankreas anterior kamu, dan invasi saraf intra-pankreas kamu.

Jika kamu mengalami rasa sakit nyeri perut yang persisten, ringan atau sedang, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Sebagian besar kasus kanker ini didiagnosis pada orang yang mengunjungi ruang gawat darurat dan mengeluh sakit perut yang parah. Ketahuilah, posisi rasa sakit bisa sangat berguna dalam menentukan posisi dimana tumor berada.

2. Penyakit kuning

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaistuff.co.nz

Sangat umum bagi orang yang menderita kanker pankreas menderita penyakit kuning, yang ditandai dengan kulit atau mata menguning. Penyakit kuning juga dapat menyebabkan rasa gatal pada kaki dan tangan, terutama pada bagian telapak tangan.

Setiap ukuran tumor yang berada di kepala pankreas kamu dapat menyebabkan kinerja empedu ke usus kecil kamu jadi tidak teratur. Ini akan menyebabkan akumulasi bilirubin yang berlebihan dalam darah kamu, dan ini salah satu penyebab utama penyakit kuning.

Jika kamu memiliki tanda-tanda penyakit kuning, kamu harus berkonsultasi dengan dokter, karena itu adalah gejala yang sangat umum dari banyak penyakit kandung empedu dan hati serta gejala kanker pankreas.

3. Penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadairush.edu

Faktanya, penurunan berat badan secara tiba-tiba yang tidak dapat dijelaskan adalah salah satu gejala kanker pankreas yang terlihat jelas, dan juga banyak jenis kanker lainnya.

Penurunan berat badan biasanya terjadi ketika tumor menyebar ke organ-organ terdekat dan kemudian akan merusak fungsinya. Ini berdampak pada pencernaan nutrisi yang tepat serta menyebabkan nafsu makan yang buruk.

Selain itu, karena kekurangan enzim pankreas yang membantu pencernaan, lemak makanan mulai melewati tubuh kamu secara tidak tercerna dengan baik, yang akan menyebabkan penurunan berat badan. Juga, sel-sel kanker akan bersaing dengan sel-sel sehat untuk mendapatkan nutrisi.

Karena itu, jika kamu mulai mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba tanpa mengubah aktivitas fisik atau diet kamu, ada baiknya kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

4. Mual dan muntah

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaifastprovenhealth.com

Salah satu gejala kanker pankreas lainnya adalah mual diikuti oleh muntah. Ketika tumor tumbuh, itu dapat memblokir beberapa bagian dari saluran pencernaan kamu, yang dapat menghambat proses pencernaan secara keseluruhan.

Selain mual dan muntah, kamu juga bisa mengalami refluks asam dan mulas. Karena segala jenis gangguan dengan proses ekskresi dan pencernaan normal dapat menyebabkan muntah, tapi semua rasa mual atau muntah tidak selalu terkait dengan kanker.

Kamu dapat mencoba meminum teh jahe atau peppermint dan membatasi asupan air dengan makanan, tetapi selalulah minum air di antara waktu makan kamu untuk mengurangi mual.

Namun, jika tanda-tanda ini cenderung memburuk setelah mengkonsumsi makanan dan semakin sulit bagi kamu untuk mengkonsumsi apa pun tanpa muntah, kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

Pada beberapa kasus lanjut kanker ini, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengatasi penyumbatan dan memperbaiki pencernaan.

5. Warna urin berubah

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaizmescience.com

Urin orang yang menderita kanker ini memiliki beberapa karakteristik berbeda. Air seni kamu bisa menjadi lebih gelap dan memiliki warna oranye, coklat, atau kuning.

Tumor pankreas yang berkembang dapat menyebabkan empedu tersumbat dan kemudian tidak dilepaskan dari tubuh seperti seharusnya. Faktanya, kelebihan bilirubin dalam tubuh kamu mungkin masuk ke urin dan membuatnya lebih gelap dalam penampilan. Terkadang, ada juga bekas darah kamu di urin.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Benda di Restoran dengan Bakteri Terbanyak, Jangan Lupa Cuci Tangan
  • 5 Hal untuk Mengurangi Stres, Sederhana Namun Kamu Membutuhkannya!
  • 7 Hal Mengejutkan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker, Yuk Dihindari!

Jika kamu melihat air seni kamu menjadi lebih gelap tanpa ada penjelasan, kamu harus mencari tahu alasan di baliknya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!

6. Kotoran berminyak atau berwarna muda

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaicdn.hasshe.com

Seiring dengan perubahan warna urin, kamu juga dapat melihat perubahan pada tinja. Meskipun minum cukup air atau cairan sepanjang hari, kotoran bisa menjadi besar, pucat, mengambang, berminyak, dan bau karena tumor yang tumbuh akan mencegah pankreas kamu mengeluarkan enzim pencernaannya.

Enzim pencernaan ini diperlukan untuk mencerna makanan, terutama makanan berlemak. Lemak yang tidak tercerna pada akhirnya akan berakhir di tinja, yang membuatnya mengapung atau terlihat berminyak. Kotoran berlemak ini sangat sulit untuk dibuang. Selain itu, tinja berubah menjadi warna yang lebih terang karena kurangnya bilirubin.

Ketahuilah, konsistensi dan warna tinja dapat memberitahu tentang kesehatan kamu, dan segala jenis perubahan pada pencernaan usus harus dilaporkan ke dokter.

7. Kembung

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaiblog.docsapp.in

Karena pankreas dianggap sebagai bagian integral dari sistem pencernaan kamu, adanya tumor dapat menyebabkan beberapa gejala gastrointestinal seperti kembung, radang, dan gas di perut kamu.

Gas dan kembung umumnya berkembang setelah makan dan bahkan bisa disertai dengan gangguan pencernaan atau mulas. Gejala-gejala ini terjadi ketika tumor ini di pankreas kamu mulai menekan perut kamu, sehingga perut kamu lebih sulit untuk berfungsi dengan benar.

Jika kamu mengalami rasa kembung yang tidak hilang-hilang dan tidak membaik dengan obat-obatan, kamu harus pergi ke dokter.

8. Kurangnya Nafsu Makan

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaimomjunction.com

Orang yang menderita kanker pankreas juga dapat merasakan penurunan nafsu makan secara tiba-tiba dan cenderung merasa kenyang setelah mengonsumsi sesuatu yang sangat sedikit.

Ketika tumor mulai tumbuh, itu dapat menyebabkan tekanan pada usus kecil atau perut kamu, yang mengakibatkan penyumbatan saluran pencernaan kamu. Ini mungkin membuat orang merasa kenyang setelah makan dan kehilangan nafsu makan secara signifikan dan kemudian menurunkan berat badan.

Ingatlah bahwa perubahan nafsu makan yang signifikan dapat membuat seseorang lelah dan lemah, bahkan dapat menghambat proses perawatan dan pemulihan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi kamu untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu menderita nafsu makan yang terus-menerus berkurang bersama dengan penurunan berat badan yang signifikan.

9. Diabetes mendadak, tidak dapat dijelaskan

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadaimedicalxpress.com

Ketika kamu didiagnosis diabetes secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas atau riwayat keluarga dengan penyakit ini, itu bisa menjadi salah satu gejala awal kanker pankreas. Tumor dapat menghancurkan sel-sel pembuat insulin di dalam pankreas kamu, yang mengakibatkan diabetes.

Beberapa gejala seperti rasa kencing terus menerus, kelelahan yang konstan, mati rasa di jari kaki dan jari-jari kamu, dan masalah penglihatan mungkin merupakan tanda-tanda timbulnya diabetes. Jika kamu didiagnosis menderita diabetes yang tidak dapat dijelaskan dan mendadak, kamu harus memilih skrining rutin untuk kanker ini, karena diabetes dianggap sebagai salah satu penyebab potensial dan juga efek dari kanker pankreas.

10. Kelelahan dan sering merasa letih

10 Gejala Awal Kanker Pankreas yang Harus Kamu Waspadai30seconds.com

Kelelahan dan rasa letih yang konstan, tanpa perubahan aktivitas fisik dan makanan sehari-hari, mungkin merupakan salah satu gejala awal kanker pankreas yang harus kamu perhatikan.

Dalam konteks ini, kelelahan  mungkin disebabkan oleh kurang tidur karena rasa sakit atau alasan lain, anemia karena kehilangan nafsu makan, dan meningkatkan pertumbuhan tumor itu sendiri.

Makan yang tidak teratur juga dapat mengurangi tingkat energi dan kamu akan merasakan kebutuhan untuk istirahat dan tidur lebih dari biasanya.

Kanker pankreas sangat sulit dideteksi sejak dini. Selain itu, biasanya menyebar dengan cepat, yang bisa mempengaruhi bagian tubuh kamu yang lain. Inilah sebabnya mengapa kanker ini dikenal sebagai penyakit bisu.

Meskipun ada gejala peringatan dini tertentu dari kanker pankreas, orang selalu mengabaikannya karena gejala ini sangat tidak spesifik. Seperti yang kamu ketahui, kesadaran akan gejala awal dapat membantu menyelamatkan banyak nyawa yang berharga.

Jika kamu merasa lelah dan letih bahkan setelah lebih banyak istirahat dan tidur, kamu harus mengunjungi dokter. Ini mungkin merupakan gejala dari banyak jenis kanker dan masalah kesehatan lainnya. Ketahuilah, diagnosis dini akan meningkatkan tingkat keberhasilan penyembuhan.

Setelah kamu mengetahui gejala-gejala awal kanker pankreas, semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mempelajari lebih lanjut beberapa tanda peringatan dini dari kanker ini untuk proses penyembuhan yang lebih cepat sebelum terlambat.

Baca Juga: 7 Gejala Kanker Paru-paru yang Wajib Kamu Waspadai Sejak Dini

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes