5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasa

Posted on

5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasa

5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasa foodrevolution.org

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer untuk dimanfaatkan menjadi beberapa jenis makanan serta minuman lezat dan segar. Alpukat sendiri merupakan buah berbentuk lonjong dengan biji yang cukup besar berwarna cokelat.

Daging alpukat berwarna hijau segar dan bertekstur sangat lembut saat dimakan. Alpukat memiliki kulit buah berwarna hijau hingga cokelat gelap. Eksistensi yang begitu besar pada buah ini membuat banyak orang menggemarinya. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih alpukat segar yang lezat untuk dikonsumsi?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih alpukat yang baik dan lezat untuk dikonsumsi khususnya sebagai menu berbuka di bulan Ramadan, simak yuk apa saja!

1. Intip bagian bawah pada alpukat

5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasaqz.com

Cara ini jarang dilakukan oleh orang, namun justru ampuh menentukan tingkat kematangan dari alpukat sehingga lezat saat dikonsumsi. Kita dapat bagian bawah dari alpukat, apabila tersisa sedikit batang pada bawahnya maka kita coba untuk memetiknya dan melihat warna dari bagian dalam alpukat melalui celah dari potongan batang tersebut. Apabila warna di dalamnya adalah hijau maka bisa dikatakan alpukat telah matang, sementara apabila warnanya cokelat maka bisa jadi belum matang.

2. Melihat warnanya

5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasabeta.washingtonpost.com

Tips selanjutnya yang harus diperhatikan saat membeli alpukat adalah dengan melihat warna yang dihasilkan. Warna dapat menjadi indikasi kematangan dari buah termasuk alpukat. Jangan memilih alpukat dengan warna hijau segar karena ditakutkan buah tersebut masih sangat mentah atau kurang matang. Oleh sebab itu, pilihlah alpukat dengan warna kecokelatan ataupun hijau gelap.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh!

3. Pegang teksturnya

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 6 Olahan Lezat Aneka Bagian Sapi, dari Usus hingga Puting
  • 5 Macam Olahan Tumis Sederhana dan Lezat yang Wajib Kamu Coba!
  • 5 Tips Mengolah Daging Entog Agar Empuk & Tidak Amis
5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasawellandgood.com

Kematangan sempurna dari alpukat juga dapat dicek melalui tekstur yang dihasilkan. Tekstur yang baik dari alpukat saat matang adalah lembut dan empuk. Hindari membeli alpukat dengan tekstur yang masih keras.

Untuk memastikan bahwa alpukat matang secara sempurna adalah dengan cara mengecek tekstur pada bagian atas dan seluruh bagian dari alpukat. Hal ini untuk menghindari membeli alpukat yang memar karena terjatuh yang mana hal itu juga dapat menyebabkan bagian dalam dari alpukat menjadi empuk.

4. Bijinya telah lepas

5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasadelish.com

Jika kamu membeli alpukat dan ingin mengecek kematangannya, maka periksalah bagian bijinya. Biji pada alpukat matang akan terlepas dari pada alpukat mentah. Namun, jika kamu membelinya di supermarket atau swalayan yang tidak memungkinkan untuk membelah alpukat, maka kamu dapat menggoyangkan alpukat. Alpukat matang dengan biji yang telah lepas akan menghasilkan bunyi, sementara yang masih mentah tidak.

5. Berat dari alpukat

5 Tips Memilih Alpukat Lezat untuk Menu Berbuka Puasaweeklystandard.com

Tips paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan membandingkan antara alpukat mentah dan alpukat matang melalui berat massa nya. Alpukat matang akan cenderung lebih ringan apabila dipegang, sementara alpukat mentah akan terasa lebih berat. Kamu hanya perlu menimbangnya menggunakan tangan dan mengira-ngira sesuai berat dari alpukat tersebut.

Nah, lima tips di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli alpukat dengan kualitas dan kesegaran yang baik agar nikmat dikonsumsi khususnya pada bulan Ramadan. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Alpukat, Seru Dinikmati Sebagai  Takjil Buka Puasamu!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes