7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsi

Posted on

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsi

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsi theviewfromgreatisland.com

Alam memang selalu mampu membuat kita terpana dengan keanekaragamannya, tak terkecuali oleh berbagai jenis flora serta bunga-bungaan indah yang dimilikinya. Bunga-bungaan yang indah itu mempu memberikan kita ketenangan dan kepuasan batin saat memandangi warna dan bentuknya yang memukau. Namun ternyata tak hanya sedap dipandang, beberapa bunga dibawah ini juga sedap dimakan dan ternyata memiliki banyak kandungan manfaat yang mampu menyehatkan tubuh. Kira-kira apasaja ya jenis-jenis bunga indah yang dapat dikonsumsi itu? mari simak.

1. Bunga nasturtium

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsihealthline.com

Bunga dengan kelopak tipis berwarna oranye cerah ini memiliki rasa yang agak manis dengan sensasi sedikit pedas seperti lada. Bunga ini umum digunakan sebagai toping ataupun campuran bahan untuk salad atau pasta sebagai penambah citarasa.

2. Bunga dandelion

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsialmanac.com

Kelompok bunga dari family asteraceae ini juga kerap dikonsumsi baik bagian daun ataupun bunganya. Bagian daun tanaman ini biasa dijadikan lalapan ataupun ditumis dengan berbagai bahan dan bumbu lain. Bunga tanaman ini juga bisa diolah dengan digoreng kering dengan tepung.

3. Bunga saffron

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsibrainmdhealth.com

Bunga saffron menjadi salah satu bunga yang paling umum dan populer untuk dijadikan tambahan bahan masakan, Bunga safron memiliki citarasa yang agak manis dan biasa dijadikan untuk tambahan bahan pembuatan makanan manis. Bunga saffron juga terkenal dengan kandungan nutrisinya yang sangat kaya dan menyehatkan. Bunga saffron mengandung nutrisi dan vitamin serta zat anti kanker dan anti penuaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

4. Bunga kecombrang

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Kombinasi Nasi dan Makanan Lain, Cuma Orang Indonesia yang Begini!
  • 5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan 
  • 7 Makanan untuk Mengatasi Dehidrasi Selain Air Putih
7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsikebuners.com

Bunga kecombrang juga umum dan populer digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan di Indonesia. Selain rasanya yang enak, bunga kecobrang juga memiliki banyak kandungan nutrisi diantaranya saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, steroid, polifenol, antimikroba, vitamin, mineral dan antioksidan.

5. Bunga apple blossom

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsidonzecklenscap.com

Bunga cantik ini selain sedap dipandang mata, juga ternyata memiliki rasa yang tak kalah sedap di rasa. Bunga apple blossom memiliki rasa yang mirip dengan buah apel dan bisanya digunakan sebagai bahan campuran pembuatan salad ataupun untuk toping pasta dan campuran ice cream.

6. Bunga Elder

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsitreehugger.com

Di Eropa bunga elder biasa dan umum dibuat menjadi minuman segar dengan rasa yang unik minuman bunga elder memiliki kandungan yang kaya akan zat bioflavonoid, flavonol dan asam oleanolic, yang mampu mengatasi penyakit batuk pilek, sinus dan bisa juga digunakan sebagai obat pencahar dan anti alergi. Namun hati-hati karena tangkai bunga ini memiliki racun.

7. Bunga Rosella

7 Jenis Bunga Ini Ternyata Sehat untuk Dikonsumsisteemit.com

Bunga rosella biasa dibuat menjadi minuman ataupun penambah rasa. Rasanya yang enak dan warnanya yang cantik membuat bunga ini cukup diminati untuk dijadikan bahan konsumsi. Bunga rosella juga terkenal karena memiliki kandungan zat yang sangat kaya dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Mampu Membersihkan Darah Kotor dalam Tubuh Lho!

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes