7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!

Posted on

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh! instagram.com/meliakho

Berubahnya pola makan saat puasa sering kali menimbulkan beberapa penyakit. Salah satu yang paling sering dialami adalah radang tenggorokan yang diakibatkan dari kurangnya asupan nutrisi saat tengah menjalankan ibadah puasa.

Tak hanya menyebabkan rasa perih dan gatal yang mengganggu, sakit tenggorokan tentunya akan membuat puasa tidak khusyuk.

Namun jangan khawatir, karena sederet bahan alami yang ada di sekitar kamu ini dapat meringankan sakit tenggorokan secara instan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Lemon

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/rawpixel.com

Saat tenggorokan mulai terasa perih dan gatal, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon untuk menetralisir rasa sakitnya. Lemon dapat mengatasi sakit radang tenggorokan karena dapat mengempiskan pembengkakan yang terjadi pada dinding tenggorokan.

Campurkan perasan lemon dengan air hangat dan minum secara teratur saat buka puasa.

2. Bawang putih

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/Buenosia Carol

Bawang putih dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Kedua sifat ini sangat baik untuk membantu meringankan peradangan, termasuk infeksi pada tenggorokan. Bukan itu saja, zat allicin yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan mengunyahnya. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengulumnya selama 15 menit.

3. Kayu manis

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/Pixabay

Selain menyedapkan makanan, kayu manis juga dapat digunakan sebagai obat radang tenggorokan. Caranya, campurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok madu. Minum dua kali sehari sampai rasa gatal di tenggorokan hilang.

Baca Juga: Sering Terjadi, 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Patut Diwaspadai

4. Cuka apel

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/rawpixel.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 10 Kombinasi Nasi dan Makanan Lain, Cuma Orang Indonesia yang Begini!
  • 5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan 
  • 7 Makanan untuk Mengatasi Dehidrasi Selain Air Putih

Tak hanya bawang putih, cuka sari apel juga memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikroba dalam mengatasi infeksi. Karena sifatnya yang asam, maka dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika merasakan sakit tenggorokan, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan cuka apel dan satu sendok teh madu dengan satu gelas air hangat. Minum secara rutin dua kali sehari hingga sakit mereda.

5. Kunyit

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/Marta Branco

Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi yang sangat baik untuk mengobati sakit tenggorokan.

Tak sulit mengolahnya, kamu hanya perlu mencampurkan seumput kecil bubuk kunyit dengan segelas air hangat, lalu minum saat perut kosong di pagi hari.

Selain dapat mengobati sakit tenggorokan, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Jahe

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/Pixabay

Bahan alami terakhir yang dapat meredakan sakit tenggorokan adalah jahe. Memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang kuat, jahe dipercaya dapat membantu dalam melawan sakit tenggorokan secara instan.

Caranya, rebus dua gelas air bersama 5 iris jahe. Tunggu sekitar 10-15 menit hingga air berkurang setengahnya, kemudian minum secara teratur sampai rasa sakit hilang.

7. Cengkeh

7 Bahan Alami Pereda Sakit Tenggorokan Saat Puasa, Dijamin Ampuh!pexels.com/Miguel Á. Padriñán

Beraroma tajam dan bercita rasa pedas, mengonsumsi beberapa butir cengkeh saat sakit tenggorokan juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakitnya.

Ya, diperkaya dengan antioksidan dan antibakteri, rempah satu ini dapat membantu sangat baik untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan secara efektif.

Nah, itulah obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Selamat mencoba !

 

Baca Juga: 6 Olahan Lidah Buaya yang Bikin Adem Tenggorokan, Cocok Buat Ramadan

Nona Ella Photo Community Writer Nona Ella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes