Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadai

Posted on

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadai

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadai afamily.vn

Lupus merupakan penyakit yang menyerang sistem imun tubuh kita. Lupus bisa menjadi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kegagalan pada organ dalam tubuh, seperti kerusakan permanen pada ginjal. Karena itu, kita perlu memperhatikan kondisi lupus dan apa penyebabnya. Berikut ini penjelasan medis paling jauh mengenai penyebab lupus.

1. Diperkirakan lupus adalah penyakit kombinasi faktor dalam dan luar tubuh

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaivaaju.com

Lupus didapatkan ketika sistem imunmu menyerang jaringan sehat dalam tubuhmu sendiri. Kasus ini dinamakan penyakit auto imun. Para peneliti belum mengetahui secara pasti bagaimana lupus bisa diidap, namun dugaan terkuat mereka adalah karena adanya permasalahan genetik di dalam tubuhmu yang akhirnya terpicu oleh kondisi lingkungan.

2. Peneliti melihat adanya kemungkinan hormon berpengaruh sebagai pemicu lupus

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaimedicalnewstoday.com

Dilansir dari lupus.org, peneliti melihat penderita lupus adalah mayoritas wanita, yaitu sembilan dari 10 penderita. Dari sini peneliti mencoba melihat relasi antara produksi estrogen dengan lupus lantaran produksi hormon estrogen lebih banyak diproduksi wanita ketimbang pria. Asumsi tersebut semakin diperkuat dengan adanya gejala lupus sebelum periode menstruasi.

3. Sayangnya, kasus estrogen ini tidak terbukti secara akurat

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaidrmache.com

Koneksi lupus dan estrogen ini tidak ditemukan benang merahnya. Riset terhadap wanita penderita lupus yang mengonsumsi estrogen untuk kontrol kelahiran dan terapi post-menopause tidak menunjukkan adanya aktivitas penyakit tersebut. Oleh karena itu, peneliti pun berpindah fokus untuk mencari lebih jauh perbedaan antara wanita dan pria yang mungkin bisa menjawab mengapa lupus lebih banyak menyerang wanita.

4. Genetik dipilih sebagai fokus penelitian penyebab kehadiran lupus

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaiirongateequine.com

Sudah ada lebih dari 50 gen yang diasosiakan membawa lupus. Gen tersebut didapatkan lewat penelitian terhadap penderitanya yang mana sering tampak ketimbang mereka yang tidak menderita lupus. Tentu saja gen tersebut tidak menunjukkan koneksi langsung terhadap lupus, akan tetapi para peneliti mempercayai gen itu berkontribusi dalam memicu lupus.

Baca Juga: 7 Fakta Soal Lupus yang Banyak Belum Diketahui Orang Awam

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 9 Perawatan Gigi Saat Puasa di Bulan Ramadan yang Dibolehkan dan Tidak
  • 6 Tips Puasa untuk Penderita Maag, Pantang Sakit di Bulan Ramadan!
  • 7 Cara Alami Mendetoksifikasi Tubuh, Mudah dan Sederhana untuk Dicoba!

5. Tetapi sekali lagi penelitian kasus gen dan lupus ini tidak terbukti benar

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaimedicalnewstoday.com

Ada sebuah kasus yang mana melibatkan pasangan kembar. Mereka dilahirkan di lingkungan yang sama dan memiliki darah keturunan yang sama pula. Hanya saja, satu orang dari mereka mendapatkan kasus lupus dan satunya lagi tidak. Ini menampik hasil penelitian bahwa genetik berperan dalam memicu lupus.

Peneliti berpendapat dalam kasus lupus di pasangan kembar, selalu ada risiko lebih tinggi untuk mendapatkan lupus untuk kembaran satunya. Perkiraan adalah 30 persen kemungkinan untuk kembar identik dan 5 – 10 persen untuk kembar fraternal.

6. Lupus bisa diderita oleh orang yang tidak memiliki histori penyakit itu di keluarganya

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadairtve.es

Tidak menutup kemungkinan ada orang yang tiba-tiba terkena lupus, padahal dalam sejarah kesehatan keluarga mereka tidak ada hal tersebut. Perkiraannya lupus itu muncul karena kehadiran penyakit auto imun yang berbeda di dalam genetik keluarga. Beberapa grup etnis memiliki risiko lebih besar dalam mendapatkan lupus. Itu adalah orang-orang afrika, Asia, latin, penduduk asli amerika, penduduk asli Hawai, atau penghuni kepulauan pasifik.

7. Pada akhirnya peneliti melihat lupus adalah penyakit yang disebabkan faktor luar

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaicaldwelladvisory.ca

Dari segi genetik dan hormon yang tidak terbukti memiliki koneksi terhadap lupus, kebanyakan peneliti pada akhirnya berpendapat jika lupus disebabkan faktor eksternal. Bisa jadi itu adalah virus atau senyawa kimiawi. Tebakan terkuat mereka adalah sinar ultraviolet UVA dan UVB, infeksi virus Epstein-Barr hingga paparan debu silika di wilayah industri atau agrikultur.

8. Lebih dari itu, penggunaan obat-obatan juga dapat meningkatkan risiko terkena lupus

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus yang Harus Kamu Waspadaitheactivetimes.com

Ada pula perkiraan penyebab yang bisa mendatangkan penyakit lupus. Beberapa di antaranya adalah penggunaan obat-obatan yang menjadikan diri ini sensitif terhadap matahari, antibiotik, kecapaian, stres emosional serta stres fisik.

Hingga saat ini tidak diketahui secara pasti bagaimana lupus bisa didapat oleh orang-orang. Karena itu belum ditemukan penyembuh dari penyakit ini. Satu-satunya cara adalah upaya menghindari penyakit ini lewat hidup sehat.

Baca Juga: 10 Gejala Penyakit Lupus, 90 Persen Lebih Banyak Dialami Perempuan 

Telah dipublish di lIDNTimes