7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!

Posted on

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah! easyhacker.com

Flu memang bukan penyakit berat. Namun, efeknya mengganggu kehidupan kita sehari-hari. Siapa sih yang nggak sebal ketika hidung kita tersumbat? Bernapas jadi sulit dan suara jadi sengau. Calm down, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Cara-cara sederhana ini manjur untuk singkirkan hidung tersumbat. Catat yuk!

1. Mandi dengan air hangat

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!newsable.asianetnews.com

Orang tua menyarankan kita untuk mandi air hangat kalau sedang merasa nggak enak badan. Rupanya, itu juga berlaku ketika kita mengalami hidung tersumbat! Uap dari air hangat membantu menipiskan lendir di hidung dan mengurangi peradangan, tutur laman Health Line. Setelahnya, kamu akan merasa hidungmu akan sedikit lega. 

Cara lainnya adalah dengan menaruh air panas di wadah, lalu menghirup uapnya. Biarkan uap terbentuk, lalu tarik napas dalam-dalam. Namun, perhatikanlah durasinya agar tidak menimbulkan sensasi terbakar di wajah, ya!

2. Minum minuman hangat

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!shutterstock.com

Selain mandi air hangat, minum minuman hangat juga membantu meredakan hidung tersumbat. Laman Everyday Health meyakini bahwa cairan panas mampu meringankan hidung tersumbat. Kamu bisa mengonsumsi teh atau jahe hangat sembari makan sup atau mie kuah. Selain itu, kamu juga bisa meminum air panas dengan campuran madu dan lemon. Niscaya, masalah di hidungmu akan sedikit reda.

3. Konsumsi vitamin C lebih banyak

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!draxe.com

Sudah sedari lama vitamin C dengan khasiatnya yang melimpah. Termasuk dalam meredakan hidung tersumbat! Scott P. Stringer, profesor dari University of Missisipi mengungkapkan bahwa vitamin C dapat mempersingkat durasi flu dan mengurangi gejala hidung tersumbat, begitu tuturnya dari laman Everyday Health. Vitamin C ini dapat kamu peroleh dari bahan alami seperti buah-buahan maupun dalam bentuk suplemen.

4. Mengompres bagian hidung dengan air hangat

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!everydayhealth.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 9 Perawatan Gigi Saat Puasa di Bulan Ramadan yang Dibolehkan dan Tidak
  • 6 Tips Puasa untuk Penderita Maag, Pantang Sakit di Bulan Ramadan!
  • 7 Cara Alami Mendetoksifikasi Tubuh, Mudah dan Sederhana untuk Dicoba!

Kompres tak hanya bermanfaat untuk meredakan demam, tetapi juga mengatasi hidung tersumbat, lho! Cukup taruh kompres dengan air hangat di sekitar hidung, lalu rasakan perbedaannya. Sensasi hangat yang terasa di area hidung akan perlahan-lahan melegakan aliran darah dan membuatmu merasa lebih baik. Kita bisa menggunakan kain yang telah direndam air hangat, lalu peras dan tempelkan ke area hidung, saran laman Everyday Health.

Baca Juga: Atasi Flu Saat Puasa Dengan 5 Cara Ini, Dijamin Ampuh!

5. Konsumsi makanan pedas

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!tellwut.com

Sehabis makan pedas, gak jarang kita langsung berkeringat dan mengeluarkan cairan dari hidung. Ternyata, efek itu juga berlaku untuk meredakan hidung tersumbat! Makanan pedas adalah cara alami untuk membuka saluran hidung dan membuat lendir mengalir, ungkap laman Taste of Home. Senyawa dalam cabai, capsaicin, dipercaya mampu meringankan sinus, mengurangi peradangan dan meredakan hidung tersumbat.

6. Menghirup minyak kayu putih

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!theheartysoul.com

Aroma minyak kayu putih memang terasa menyengat, tapi siapa sangka jika itu cukup efektif untuk meredakan hidung tersumbat? Cukup letakkan di bawah hidung lalu hirup dengan lembut, maka aromanya akan melonggarkan sinus. Tak hanya minyak kayu putih, kamu juga bisa pakai zat aromatik lain seperti mentol, minyak peppermint atau minyak eucalyptus. Coba deh!

7. Meletakkan bantal tambahan ketika tidur

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!spineuniverse.com

Posisi tidur yang baik nggak hanya berpengaruh pada kualitas tidur. Tetapi juga memiliki efek dalam meredakan hidung tersumbat. Khusus ketika hidung macet, letakkan bantal tambahan di kepala ketika kita tidur. Bantal tambahan akan menjaga kepala kita sedikit tegak, sehingga dapat membantu pernapasan saat tidur. Daripada merasa sesak, coba deh praktekkan!

Nah, itulah 7 cara sederhana yang bisa meredakan hidung tersumbat. Kalau kamu sendiri, mana yang paling berpengaruh?

Baca Juga: 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang

Telah dipublish di lIDNTimes