5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakan

Posted on

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakan

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakan needpix.com

Gurita atau octopus merupakan jenis hewan moluska yang berhabitat di terumbu karang samudra. Hewan bertentakel ini memang memiliki keunikan tersendiri dari bagian tubuhnya karena hampir seluruh tubuhnya merupakan otot dan tidak memiliki tulang. Ciri fisik dari gurita ini lah yang membuatnya menjadi salah satu hewan paling dicari untuk kemudian dikonsumsi sebagai hidangan lezat. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara mengolah gurita agar empuk dan tidak alot?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara mengolah gurita yang baik agar lezat saat dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Cairkan gurita apabila dalam keadaan beku

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakanalibaba.com

Jika kamu membeli gurita dalam keadaan beku untuk menjaga kesegaran nya, maka kamu dapat mencairkan gurita terlebih dahulu. Proses pembekuan ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk pelunakan dari daging gurita, oleh sebab itu kita tidak perlu lagi melunakan daging gurita dengan cara memukulnya. Sebelum mengolah gurita, pastikan jika gurita telah benar-benar mencair atau tidak dalam kondisi beku lagi.

2. Bersihkan gurita hingga bersih

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak DimakanYoutube/Mike Jack

Sebelum memulai untuk mengolah gurita, tentunya hal paling utama adalah membersihkan gurita hingga bersih. Gurita dapat dipisahkan dari kulitnya yang berwarna cokelat kehitaman dan menyisakan bagian kulit dasarnya saja yang berwarna putih. Cucilah gurita pada air mengalir dan pastikan bahwa gurita telah bersih sebelum benar-benar diolah menjadi hidangan lezat.

3. Pisahkan bagian tubuh dan tentakel gurita

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakangreatbritishchefs.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Resep dan Cara Membuat Siomay yang Enak, Bisa untuk buat Menu Takjil 
  • 7 Tempat Makan Khas Asia yang Ada di Oxford
  • 7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi 

Setelah memastikan bahwa gurita telah bersih, selanjutnya adalah memisahkan bagian tubuh dan tentakel dari gurita. Proses ini sebenarnya hanya untuk memudahkan kita dalam mengolah gurita nantinya. Kita dapat menggunakan pisau yang tajam sehingga proses pemotongan antara tubuh dan tentakel pada gurita. Setelah selesai memotong gurita, kita dapat mulai untuk ke tahap selanjutnya dalam mengolah gurita.

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Dasar Gurita yang Bikin Kamu Ketagihan!

4. Buang salah satu bagian pada kepala gurita

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakancrystal.kitchen

Proses pengolahan lainnya adalah dengan cara memisahkan bagian kepala dengan tubuh dari gurita. Hal ini karena pada kepala gurita terdapat bagian yang keras sehingga tidak enak untuk dikonsumsi. Kamu dapat membuang bagian tersebut agar proses pengolahan gurita menjadi lebih mudah dan lezat. Meski begitu tapi kamu tidak perlu memisahkan bagian kepala dengan tubuh gurita dan dapat memasaknya secara bersama-sama.

5. Mulai memasak gurita dengan berbagai pilihan

5 Tips Olah Daging Gurita Agar Empuk & Enak Dimakaneatsmarter.com

Setelah gurita telah siap untuk dimasak, kamu memiliki beberapa pilihan yang dapat kamu pilih. Jika kamu ingin merebusnya, maka kamu dapat mulai merebus gurita hingga empuk. Sementara kamu juga bisa memanggangnya hingga empuk dan membalurinya bersama dengan berbagai saus lezat dan rempah yang khas. Tentunya gurita dapat terasa lebih empuk, kenyal, dan lezat dikonsumsi.

Nah, 5 tips diatas dapat kamu coba untuk mengolah dan memasak gurita agar hasil yang didapatkan semakin lezat dan menggugah selera. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Biasa untuk Mukbang, 5 Manfaat Mengonsumsi Gurita Ini Wajib Diketahui

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes