7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Banget

Posted on

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Banget

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Banget recetasnestlecam.com

Panama atau Republik Panama adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Costa Rika di barat, Kolombia di tenggara, Laut Karibia di utara, dan Samudra Pasifik di selatan. Seperti halnya negara-negara lain yang ada di dunia, negara dengan jumlah penduduk sekitar 4 juta jiwa ini memiliki hidangan khas tersendiri yang dipengaruhi oleh perpaduan budaya Afrika, Spanyol, dan Amerika asli. 

Beraneka ragam dan pastinya bikin ngiler, berikut 7 hidangan khas asal Panama yang perlu kamu tahu!

1. Primavera – Salad pasta musim semi

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetkeeprecipes.com

Primavera adalah salad yang terdiri dari pasta, kacang polong, paprika merah-kuning, serta sayur lainnya yang dicampur dengan beberapa asparagus yang dimasak. Primavera dalam bahasa Italia diartikan sebagai musim semi karena salad ini dapat dicampurkan dengan sayuran musim semi sesuai selera, misalnya artichokes, bok choy, wortel, kacang fava, jamur morel, bawang, kentang, lobak, rampai, daun bawang, dan bayam. Seluruh jenis pasta dapat digunakan sesuai selera untuk membuat salad ini, namun pada umumnya pasta yang digunakan adalah jenis penne karena memiliki bentuk yang mirip dengan sayuran yang dipotong.

2. Guacho de Mariscos – Risoto ala Panama

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetrecetasnestlecam.com

Guacho de Mariscos adalah hidangan paling populer dan menjadi hidangan favorit masyarakat Panama. Hidangan ini pada dasarnya semacam sup nasi kental mirip dengan risotto dari Italia. Guacho dibuat dari beras putih panjang yang direndam dalam air sebelum dimasak. Beras di Guacho dimasak dengan banyak air dan waktu memasak yang lebih lama agar beras berubah menjadi nasi yang kental dan creamy. Hidangan ini kemudian dibumbui dan ditambah dengan berbagai bahan seperti daging babi, ayam, atau makanan laut, berbagai kacang-kacangan dan akar seperti yuca dan otoe.

3. Tamal de Olla – Nasi pot

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetcookpad.com

Resep hidangan ini ervariasi dari satu negara ke negara di Amerika Latin. Tamal de Olla di Panama menggunakan campuran zaitun asin dan manis, daging atau ayam, paprika, caper, dan zaitun, untuk memberikan rasanya yang unik. Bahan-bahan tersebut dimasak dengan dibungkus dalam daun bijao, pisang, atau direbus dalam panci berisi air. Hidangan ini biasanya disajikan pada acara atau perayaan khusus seperti saat perayaan natal.

Baca Juga: 7 Kuliner Timur Tengah Ini Bisa Jadi Hidangan Takjil

4. Ropa Vieja – Nasi daging suwir rempah

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Resep dan Cara Membuat Siomay yang Enak, Bisa untuk buat Menu Takjil 
  • 7 Tempat Makan Khas Asia yang Ada di Oxford
  • 7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi 
7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetbonappetit.com

Ropa Vieja pada dasarnya adalah nasi yang disajikan dengan lauk daging suwir. Daging yang digunakan biasanya daging sapi atau ada juga yang menyajikannya dengan daging rusa yang dimasak dengan rempah-rempah seperti lada hitam, jintan, dan oregano.. Nasi dalam hidangan ini disebut arroz con coco, yaitu nasi yang dimasak dalam santan sehingga rasa nasi menjadi lebih gurih. Hidangan ini juga biasanya dipasangkan dengan pisang raja goreng sebagai tambahannya.

5. Sancocho – Sup daging dan sayur

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetquericavida.com

Sancocho adalah salah satu makanan paling tradisiona di Panama. Sancocho terdiri dari daging ayam atau sapi sebagai bahan utama, dimasak dalam kaldu ayam dicampur dengan ubi, ketumbar, sayuran dan bumbu lainnya, dan disantap dengan nasi. Hidangan ini terdiri mirip dengan Guacho yang tetapi nasi tidak dimasak dengan kaldu. Hidangan ini biasanya disantap sebagai hidangan untuk menyembuhkan mabuk. 

6. Sopa Borracha – Dessert manis khas Panama

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetbluejellybeans.wordpress.com

Sopa Borracha dapat menjadi referensi ide hidangan penutup yang mudah dibuat. Hidangan ini terdiri dari kue yang potong kotak-kotak keci yang diletakkan di piring saji atau disajikan dalam porsi individual di gelas, plum atau kismis, dan disiram oleh sirup manis. Secara tradisiona, permen berwarna perak biasanya juga ditambahkan sebagai hiasan. 

7. Cocadas – Kue bola-bola kelapa

7 Hidangan Khas Panama ini Menggoyang Lidah Bangetflavorverse.com

Cocadas adalah kue kelapa berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari kelapa, tepung maizena, vanili dan ekstrak almond dengan susu kental. Kue ini dibuat dengan susu kental manis sebagai pengganti telur sehingga kue ini memiliki rasa begitu manis dan lezat.

Menggugah selera dan bikin ngiler banget kan? Dari 7 hidangan khas Panama di atas, hidangan mana nih yang kamu penasaran banget sama rasanya?

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Peppermint Ini Bisa Jadi Inovasi Kuliner Keren

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes