6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basi

Posted on

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basi

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basi bebasketik.com

Ketupat merupakan sajian yang tak asing dalam kuliner Nusantara. Misalnya, sebagai pendamping hidangan berkuah seperti Katupek Gulai Tunjang, masakan khas dari Pariaman, Sumatera Barat. Tak hanya itu, ketupat pun agaknya menjadi hidangan yang identik di kala Ramadan dan Lebaran.

Sayangnya, ketupat memang rentan berlendir dan cepat basi apabila tak diolah dan disimpan dengan tepat. Namun, jangan khawatir, berikut tips untuk menghindarinya.

1. Kalkulasikan porsi, buat ketupat sekitar 1-2 hari saat akan dihidangkan

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basigoodnewsfromindonesia.id

Kalkulasikan dengan cermat porsi ketupat yang akan disajikan kelak, jangan sampai banyak yang terbuang. Selain itu, sebaiknya jangan membuat ketupat terlalu dini sebelum disajikan sebab ketupat dapat rentan basi. Masaklah ketupat sekitar 1-2 hari sebelum dihidangkan. Tujuannya, supaya kesegaran ketupat masih terjaga dan layak dihangatkan lantaran belum terlalu lama diolah.

2. Rebus hingga matang sempurna dengan seluruh bagian ketupat terendam dalam air

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basiblog.reservasi.com

Walaupun membutuhkan waktu perebusan yang relatif lama (4-5 jam), pastikanlah ketupat dimasak hingga matang sempurna supaya hasilnya dapat pulen dan tak rentan basi. Selain itu, permukaan ketupat pun harus terendam seluruhnya di dalam air supaya ketupat dapat matang secara merata.

3. Angkat, tempatkan dalam saringan, lalu siram dengan air dingin

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basihalodoc.com

Angkat ketupat jika sudah matang sempurna, lalu lekas tempatkan ketupat ke dalam wadah atau saringan yang bagian bawahnya berlubang, kemudian siram dengan air dingin ke seluruh permukaan ketupat. Terutama, pada bagian lipatan sebab kemungkinan lebih banyak sisa air rebusan yang terjebak di sana. Usut punya usut, membersihkan sisa air rebusan tersebut bertujuan untuk meminimalisir ketupat menjadi rentan berlendir dan cepat basi.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • Resep dan Cara Membuat Siomay yang Enak, Bisa untuk buat Menu Takjil 
  • 7 Tempat Makan Khas Asia yang Ada di Oxford
  • 7 Kuliner Otentik Portugal yang Lezatnya Bikin Pengin Tambah Lagi 

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak, Ngumpul Jadi Meriah

4. Tiriskan ketupat hingga kering dengan cara diangin-anginkan

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basirebanas.com

Tanpa diketahui, air yang telah digunakan untuk merebus maupun menyiram ketupat dapat merembes melalui celah pada bagian daun yang terlipat (dan hampir terbuka). Imbasnya, ini justru membuat ketupat menjadi rentan berlendir lalu basi. Oleh sebab itu, tiriskanlah ketupat hingga benar-benar kering. Caranya, gantungkan ketupat di tempat terbuka, biarkan airnya menetes selama diangin-anginkan tersebut. Selanjutnya, simpan ketupat di dalam wadah yang juga kering.

5. Masukkan ke dalam kulkas, atau hangatkan dengan microwave

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basicnnindonesia.com

Kemudian, masukkan ketupat ke dalam kulkas. Pasalnya, suhu yang rendah dapat menekan pertumbuhan bakteri atau jamur pada ketupat yang sudah matang. Ketupat yang sudah dicampur ke dalam masakan juga dapat dihangatkan menggunakan microwave. Namun, tetap amati kondisinya, pastikan masih layak dimakan.

6. Potonglah ketupat sesuai kebutuhan, biarkan sisanya dalam kondisi utuh

6 Tips Supaya Ketupat Tak Rentan Berlendir dan Cepat Basimarketeers.com

Disarankan untuk memotong-motong ketupat sesuai dengan kebutuhan ataupun sesaat akan dihidangkan, dan biarkan sisanya tetap dalam kondisi utuh. Tujuannya, supaya ketupat yang telah dipotong tersebut tak terbuang percuma jika tak habis disantap. Apalagi ketupat memang rentan basi.

Setelah membaca tips agar ketupat gak cepat basi, bisa diterapkan apabila Ramadan ini kamu ingin memasaknya. Atau bisa dimasak ketika hari Lebaran nanti. Nah, biasanya kamu mengolah ketupat untuk sajian apa, sih?

Baca Juga: Resep Ketupat Sayur Khas Betawi yang Bikin Lidah Bergoyang!

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes